PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MI NEGERI PURWOKERTO

Ajeng Rizki Dinniar, NIM 1323305020 (2017) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MI NEGERI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
AJENG RIZKI DINNIAR_PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan dalam keluarga bisa tercermin melalui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Menurut Hadari Nawawi, pola asuh merupakan suatu cara terbaik yang dapat ditempuh orang tua dalam mendidik anak-anaknya sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak-anaknya. Pada diri setiap anak membutuhkan suatu dorongan untuk melakukan sesuatu dan suatu daya untuk meniru. Dorongan ini dapat berupa motivasi yang diberikan orang tua untuk anak dalam kegiatan belajar. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Negeri Purwokerto dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Negeri Purwokerto. Penelitian ini dilaksanakan di MI Negeri Purwokerto dengan sampel sebanyak 40 siswa dan 40 orang tua wali siswa yang diambil dari seluruh jumlah siswa kelas IV. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independenyang terdapat dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua (X) sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket yang disebar kepada responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang berfungsi untuk mengetahui distribusi frekuensi hasil temuan data dari lapangan. Kemudian menggunakan analisis regresi linier sederhana yang berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Negeri Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Negeri Purwokerto. Hal ini dibuktikan dari hasil uji regresi yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Selain itu dilihat dari analisis deskriptif, pola asuh demokratis lebih cenderung diterapkan dibandingkan pola asuh otoriter dan permisif. Motivasi belajar siswa di MI Negeri Purwokerto menunjukkan nilai sebesar 82,69% berada pada kategori yang tinggi, hal ini dibuktikan dari hasil persentase skor. 2) Besarnya pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa yaitu 32,8% sedangkan sisanya 67,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:13
Last Modified: 04 Oct 2017 06:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3056

Actions (login required)

View Item View Item