KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DI MI YA BAKII KURIPAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

Nina Aulya Setyaningsih, 1323305100 (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DI MI YA BAKII KURIPAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
NINA AULYA SETYANINGSIH_KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru di MI Ya Bakii Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Hal ini dilatar belakangi oleh pentingnya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional seorang guru. Dimana dari observasi pendahuluan di peroleh data bahwa seluruh guru tergambarkan telah memiliki kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan yang disimpulkan. Akan tetapi substansi pedagogik prestasi siswanya di MI Ya Bakii Kuripan belum menunjukkan sesuatu yang menonjol. Untuk itu penulis tertarik untuk mendalami kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru di MI Ya Bakii Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Sumber data yang penulis gunakan adalah kepala madrasah dan guru MI Ya Bakii Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Dari berbagai sumber data tersebut penulis gali dengan menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan bahan-bahan informasi secara tertulis tentang keadaan sekolah dan informasi lain yang terkait dengan penelitian ini. Setelah penulis melakukan analisis terhadap data yang berhasil penulis kumpulkan, penulis memperoleh kesimpulan bahwa: 1. Kompetensi pedagogik guru MI Ya Bakii Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap sudah dimiliki oleh hampir semua guru. Yaitu dalam memahami wawasan atau landasan kependidikan, memahami peserta didik, mengembangkan kurikulum/silabus, merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, memanfaatkan teknoogi pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar dan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Hanya ada beberapa komponen yang belum dimiliki oleh beberapa guru seperti dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran. Karena guru masih sering menggunakan media yang tersedia saja seperti LKS dan buku materi. 2. Kompetensi profesional guru MI Ya Bakii Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap sudah dimiliki oleh semua guru dengan baik. Hal ini dapat dilihat ketika menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam dan memiliki kemampuan dalam menangani dan mengembangkan berbagai bidang studi yang menjadi tanggung jawabnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, kompetensi Profesional Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Sep 2017 06:19
Last Modified: 20 Sep 2017 06:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3011

Actions (login required)

View Item View Item