Pengembangan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MI Ma’arif NU Tamansari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas

Irham Fathudin, 1223305052 (2017) Pengembangan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MI Ma’arif NU Tamansari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Keseluruhan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pendahuluan & Penutup.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam telah menjadikan anak-anak bangsa menjadi warga negara yang selalu memotivasi dirinya agar tetap memiliki semangat untuk belajar. Memotivasi siswa adalah tugas yang tidak boleh ditinggalkan oleh guru. Sementara itu, dalam teori tentang motivasi sebagaimana dikemukakan oleh MC Donald bahwa motivasi dirangsang karena adanya tujuan. Maka motivasi tersebut menjadi penting bagi siswa yang sedang menjalani proses belajar mengajar di Indonesia. Hasil belajar akan menjadi optimal, jika ada motivasi. Adanya motivasi dalam proses belajar mengajar membuat siswa akan mudah mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Tidak terkecuali pada mata pelajaran IPS, motivasi menjadi sangat penting agar siswa dapat memenuhi target tujuan pembelajaran IPS. Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengembangan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MI Ma’arif NU Tamansari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Ma’arif NU Tamansari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi atau pengamatan, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MI Ma’arif NU Tamansari. Adapun rincian dari subyek penelitian tersebut adalah satu orang guru IPS kelas V yang bernama Samsudin, S.Pd.I, 28 siswa kelas V, serta Kepala MI Ma’arif NU Tamansari yang bernama Dra. Muslihah. Langkah-langkah yang digunakan dalam menganalisis data penelitian ini ialah dengan reduksi data, penyajian data, dan verification/conclution drawing. Setelah mengadakan penelitian, penulis berpendapat bahwa pengem-bangan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Ma’ari NU Tamansari sudah bervariasi. Upaya-upaya guru tersebut antara lain: menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan hadiah dan hukuman, melakukan kompetisi dan kerjasama, menggunakan nilai ulangan, peringkat raport, dan pertanyaan lisan sebagai umpan balik, melakukan pujian, menyusun tujuan pembelajaran, menggunakan contoh-contoh hidup sebagai model-model yang menarik siswa, melibatkan siswa secara aktif, mengadakan pembelajaran karyawisata dan ekskursi, dan menampilkan film pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, ilmu pengetahuan sosial (IPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:36
Last Modified: 19 Sep 2017 02:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3006

Actions (login required)

View Item View Item