PENILAIAN AUTENTIK RANAH SIKAP PADA MATA PELAJARAN ENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD PILOT PROJECT KURIKULUM 2013 KABUPATEN PURBALINGGA

Abdul Zen, 1522606002 (2017) PENILAIAN AUTENTIK RANAH SIKAP PADA MATA PELAJARAN ENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD PILOT PROJECT KURIKULUM 2013 KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ABDUL ZEN_PENILAIAN AUTENTIK RANAH SIKAP PADA MATA PELAJARAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penilaian autentik dalam kurikulum 2013 yang di dalamnya mengharuskan setiap guru melakukan penilaian yang cukup rumit pada sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Dari ketiga ranah tersebut, ranah sikap mempunyai kedudukan yang pertama dan utama yang mempengaruhi sikap peserta didik. Namun guru cenderung lebih fokus melakukan penilaian pada aspek pengetahuan dan keterampilan dari pada penilaian sikap yang seharusnya menjadi tanggungjawab seluruh guru, hal ini karena guru masih mengalami kebingungan dalam melakukan penilaian. Untuk itu perlu kiranya untuk melihat penilaian autentik ranah sikap di SD Piloting Project Kurikulum 2013 menjadi percontohan dan rujukan dalam penerapan penilaian autentik ranah sikap yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi penilaian autentik ranah sikap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kabupaten Purbalingga?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang tergolong penelitian kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi untuk untuk mengamati proses penilaian autentik ranah sikap pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kabupaten Purbalingga dan juga untuk melihat letak SD Pilot Project di Kabupaten Purbalingga. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dokumentasi terkait penilaian autentik ranah sikap pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kabupaten Purbalingga. Metode wawancara digunakan untuk mencari data tentang penilaian autentik ranah sikap pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis yang dipilih teknik analisis deskriptif dengan menggunakan metode berfikir induktif dan deduktif. Disamping itu mengikuti analisis data model Miles dan Huberman. Berdasarkan data-data dan analisa hasil penelitian yang telah peneliti lakukan SD Negeri 1 Cendana dan SD Negeri 1 Kembaran Kulon mengenai penilaian autentik ranah sikap di SD Piloting Project Kurikulum 2013 Kabupaten Purbalingga dapat penulis simpulkan bahwa implementasi penilaian autentik ranah sikap di SD Piloting Project Kurikulum 2013 Kabupaten Purbalingga dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi dan secara manual melalui proses 1) perencanaan yang dilakukan dengan membuat format penilaian sikap yang mengacu pada KI-1 dan KI-2, 2) pelaksanaan yang dilakukan melalui tahap sosialisasi, mengamati, dan mencatat hasil sikap yang terlihat, 3) pengolahan nilai yang dilakukan dengan kerjasama dengan guru kelas dalam merekapitulasi nilai sikap dan membuat deskripsinya, dan 4) tindak lanjut yang dilakukan oleh Guru PAI & BP dan Guru Kelas melalui memberikan reward, pemberian motivasi, pembinaan, program pembiasaan, dan pendampingan yang dilaksanakan secara konsisten.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Sikap, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 19 Sep 2017 01:59
Last Modified: 19 Sep 2017 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3004

Actions (login required)

View Item View Item