MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MAN 1 BREBES DAN MAN 2 BREBES

Nailul Azmi, 1323402040 (2017) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MAN 1 BREBES DAN MAN 2 BREBES. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NAILUL AZMI_MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan karakter di sekolah/madrasah ditentukan oleh manajemennya, khususnya manajemen pendidikan karakter. Manajemen pendidikan karakter yaitu usaha yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai agar peserta didik mampu menumbuhkan karakter khasnya yang terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. MAN 1 Brebes dan MAN 2 Brebes merupakan lembaga pendidikan formal jenjang menengah negeri dibawah naungan Kementerian Agama yang ada di kabupaten Brebes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter siswa MAN 1 Brebes dan MAN 2 Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut di analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Berdasarkan hasil analisis dapat diperoleh temuan-temuan bahwa penyelenggaraan pendidikan karakter MAN 1 Brebes dan MAN 2 Brebes dilakukan secara terpadu pada setiap kegiatan sekolah melalui tiga jalur utama, yaitu (1) terpadu melalui kegiatan Pembelajaran, (2) terpadu melalui kegiatan Ekstrakurikuler, dan (3) terpadu melalui kegiatan pembudayaan dan pembiasaan. Manajemen pendidikan karakter siswa MAN 1 Brebes dan MAN 2 Brebes terdiri dari: (1) perencanaan pendidikan karakter; (2) pengorganisasian pendidikan karakter; (3) pelaksanaan pendidikan karakter; dan (4) pengawasan pendidikan karakter. Perencanaan pendidikan karakter meliputi perencanaan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan pembudayaan dan pembiasaan. Pengorganisasian pendidikan karakter meliputi pengorganisasian pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan pembudayaan dan pembiasaan. Pelaksanaan pendidikan karakter meliputi pelaksanaan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan pembudayaan dan pembiasaan. Pengawasan pendidikan karakter meliputi pengawasan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan pembudayaan dan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: karakter, pendidikan karakter, dan manajemen pendidikan karakter
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:55
Last Modified: 18 Sep 2017 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item View Item