IMPLEMENTASI PILAR-PILAR MANAJEMEN MUTU TERPADU SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI SMP VIP AL HUDA KEBUMEN

Nevi Rokh Harsanti, NIM : 1522605040 (2017) IMPLEMENTASI PILAR-PILAR MANAJEMEN MUTU TERPADU SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI SMP VIP AL HUDA KEBUMEN. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nevi Rokh Harsanti_Thesis S2.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen mutu terpadu menjadi acuan dalam pendidikan di lembaga pendidikan yang berbasis kualitas proses, pelayanan, sumber daya manusia dan hasil. Manajemen terdiri dari beberapa hal, seperti: Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan Pengendalian. Sekolah Berbasis Pesantren dengan segala keunggulannya, hingga saat ini masih relevan untuk dijadikan referensi sebagai manajemen pendidikan. Oleh karena itu, menjadi menarik untuk dieksplorasi mengenai aspek manajemen, manajemen organisasi manajerial dan proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan lima pilar Total Quality Management yang terdiri dari fokus pada pelanggan, keterlibatan total, pengukuran, komitmen dan perbaikan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dengan cara: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf, dan siswa. Validitas data dengan triangulasi. Analisis data adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil Penelitiannya, 1) Fokus pada pelanggan, yakni melayani kebutuhan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, wali atau orangtua peserta didik dan masyarakat, 2) Keterlibatan total dengan adanya dukungan yayasan dan pelibatan semua warga sekolah dalam penyelenggaraan sekolah mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan,3) Pengukuran yakni dengan membuat perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan dan pengawasan dan evaluasi terhadap penialaian Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, Try-Out, Ulangan Kenaikan Kelas, Ujian sekolah dan Ujian Nasional, 4) Komitmen yakni dengan adanya komitmen manajemen puncak/kepala sekolah, pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan seoptimal mungkin serta memfasilitasi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan pada kegiatan-kegiatan pendukung mutu pendidikan, dan 5) Perbaikan berkelanjutan, meliputi: pemakaian kurikulum Nasional selalu yang terbaru, peningkatan kinerja akademis, peningkatan tingkat kedisiplinan pendidik dan tenaga kependidikan, serta peningkatan sarana dan prasarana fisik yang mendukung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: The Pilars Of Total Quality Management, Pesantren Based Schools
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 16 Sep 2017 04:55
Last Modified: 16 Sep 2017 04:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item