PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBER HEADS TOGETHER DI KELAS IV MI ISLAMIYAH KALIMANDI PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

LAILY NUR HIDAYAH, 1323310060 (0002) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBER HEADS TOGETHER DI KELAS IV MI ISLAMIYAH KALIMANDI PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
LAILY NUR HIDAYAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL .pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa di MI Islamiyah Kalimandi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya yakni penerapan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik minat belajar siswa. Minat siswa terhadap pembelajaran yang rendah dapat menyebabkan siswa cenderung pasif sehingga motivasi untuk memperoleh hasil belajar yang baik juga rendah. Untuk itu perlu adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran cooperative tipe Number Heads Together pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial di MI Islamiyah Kalimandi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) murni dan posisi peneliti sebagai pengajar. Tahap dalam penelitian diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindak Kelas dilakukan dengan tujuan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari data studi awal yang ada yaitu dari jumlah 11 siswa hanya 3 siswa yang memiliki nilai tuntas dan sisanya sejumlah 8 siswa memiliki nilai tidak tuntas. Jumlah nilai siswa pada studi awal hanya 660 dengan rata – rata 60. Sehingga ketuntasan belajar hanya mencapai 27,27%. Kemudian pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dan 4 siswa memiliki nilai tidak tuntas. Hasil belajar siswa memiliki jumlah nilai 830 dengan nilai rata – rata 75,45. Sehingga ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,63%. Selajutnya pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90,90% yaitu sebanyak 10 siswa memiliki nilai tuntas dan hanya 1 siswa yang memiliki nilai tidak tuntas. Berdasarkan nilai rata – rata mencapai 89,09 dengan jumlah nilai pada siklus II yakni 980 dengan demikian maka penelitian dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Pempelajaran Cooperative tipe Number Heads Together
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 15 Sep 2017 01:20
Last Modified: 15 Sep 2017 01:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2968

Actions (login required)

View Item View Item