ANALISIS BUKU AJAR AKIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH TSANAWIYAH

KHANIFATURROHMAH, 1323301199 (2017) ANALISIS BUKU AJAR AKIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
KHANIFATURROHMAH_ANALISIS BUKU AJAR AKIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH TSANAWIYAH.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai kelayakan buku ajar Akidah Akhlah dengan kurikulum 2013 pada Madrasah Tsanawiyah. Kajian ini di latarbelakangi oleh perubahan Kurikulum 2006 (KTSP) menjadi kurikulum 2013. Yang membuat penulisan pada buku ajar dijadikan sebagai acuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian buku ajar Akidah Akhlak Kurikulum 2013 jika dilihat dari aspek isi, aspek penyajian, aspek bahasa dan aspek kegrafikan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (Library Reseacrh) dimana data-data yang didapat berasal dari dokumen-dokumen seperti buku, jurnal, kitab, artikel dan tulisan-tulisan tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dalam buku ajar Akidah Akhlak Kelas VIII pada Madrasah Tsanawiyah dalam kurikulum 2013 sudah sesuai dengan indikator kelayakan isi buku, karena telah sesuai dengan KI dan KD pada buku ajar yang berkaitan. maka. Secara umum materi telah memenuhi syarat keakuratan baik dilihat dari aspek isi maupun rujukan yang digunakan. Namun di dalam buku ajar ini masih terdapat kekurangan yakni perlu penambahan materi pengayaan dan soal-soal pengayaan. Kurangnya contoh dari teori atau informasi yang disampaikan dalam materi Dalam aspek kelayakan penyajian buku ajar ini telah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh bagian Standar Nasional Pendidikan mulai dari pendahuluan, isi (materi pokok) dan bagian akhir. Buku ajar Akidah Akhlak ini pun telah memenuhi standar penempatan tata letak yang baik dari bagian pendahuluan, isi, ilustrasi atau gambar dan bagian akhir. Pada aspek kelayakan bahasa, buku ajar ini telah sesuai dengan standar jika dilihat dari bahasa yang digunakan telah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, sederhana, efektif dan efisien. Pada aspek kelayakan kegrafikan, buku ajar ini telah memenuhi standar yang baik. Jika dilihat dari desain isi buku dan ukuran buku yang digunakan. Namun pada desain kulit buku atau cover masih terdapat kekurangan pada jenis gambar latar belakang yang digunakan tidak dapat mencerminkan isi buku secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, Kurikulum 2013, Kurtilas, Materi Buku Ajar, Kelayakan Buku Ajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 15 Sep 2017 01:13
Last Modified: 15 Sep 2017 01:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2966

Actions (login required)

View Item View Item