PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BAGI SISWA BERASRAMA DI SMK NEGERI 1 PUNGGELAN BANJARNEGARA

HABIB AHMAD FAUZAN, NIM. 1123301083 (2016) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BAGI SISWA BERASRAMA DI SMK NEGERI 1 PUNGGELAN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
HABIB AHMAD FAUZAN_PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BAGI SISWA BERASRAMA DI SMK NEGERI 1 PUNGGELAN BANJARNEGARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Semakin menurunnya etika dan moral peserta didik dan semakin maraknya penyimpangan serta kenakalan pelajar. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya perbuatan asusila, tawuran, dan terjadinya tindak kekerasan baik di sekolah maupun di luar sekolah yang dilakukan oleh pelajar, korupsi yang dilakukanoleh para pejabat. Pendidikan karakter adalah suatu system penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang meliputi komponen kesadaran, pemahaman, kepeduliandankomitmen yang tinggi untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut baik terhadap Allah, dirisendiri, masyarakat dan bangsa secara keseluruhan. Untuk membentuk peserta didik agar memiliki akhlak yang baikmakapendidikankaraktersangatpentingditanamkan. Pendidikankarakterakan lebih maksimal jikadalam penerapanya didukung dan melalui kerjasama dari berbagai pihak, sehingga pendidikan karaktertidakhanyaditanamkandalamkegiatan di sekolahsajanamunjuga di dalamkehidupan di luar jam sekolah. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanapelaksanaanpendidikankarakterreligius di asramasiswa SMK Negeri 1 Punggelan. Penelitian yang dilakukan di Asramasiswa SMK Negeri 1 Punggelanbertujuanuntukmendiskripsikanataumenggambarkansecarajelasdanmendalamtentangpelaksanaanpendidikankarakterreligius di asramasiswa SMK Negeri 1 Punggelan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter religius bagi siswa berasrama di SMK Negeri 1 Punggelan dilaksanakan melalui model pendidikan Asrama yang mengadopsi pendidikan di pondok pesantren dengan bermacam kegiatan keagamaan. Sedangkan dalam internalisasi pendidikan karakter menggunakan metode hiwar, qishah, amtsal, uswah, pembiasaan,’ibrah dan mauidah, targhib dan tarhib, yang diintegrasikan ke dalam kegiatan-kegiatan di asrama. Kata kunci: PendidikanKarakterReligius , BagiSiswa Berasrama, SMK Negeri 1 Punggelan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Jun 2016 07:35
Last Modified: 20 Jun 2016 07:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item