INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM INTEGRATIF TERHADAP PESERTA DIDIK di SD AL-IRSYAD 01 CILACAP

Khumairah Din Syifa, 1323301258 (2017) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM INTEGRATIF TERHADAP PESERTA DIDIK di SD AL-IRSYAD 01 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
KHUMAIRAH DIN SYIFA_INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM INTEGRATIF TERHADAP PESERTA DIDIK dI SD AL-IR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari realita pengaruh era globalisasi yang semakin menjadi pada semua objek yang dapat di laluinya termasuk anak-anak sebagai generasi muda yang perlu di bentengi secara serius. Degradasi keimanan serta moral dapat dengan tidak sadar terjadi pada anak-anak sejak usianya masih di bangku sekolah dasar melalui berbagai cara.Pendidikan menjadi salah satu kunci terbaik yang dapat membentengi mereka dari hal tersebut. Melalui pendidikan guru dapat menginternalisasikan nilai-nilai Islam kepada mereka, dengan proses ini maka karakter religius akan mengakar di dalam diri mereka dan mempunyai pengaruh yang baik sepanjang hidupnya. Usia sekolah dasar sebagai usia yang masih dalam pembentukan dan mulai dapat berfikir mengenai hal-hal yang konkret mereka perlu dibimbing terkait asupan pengalaman dan pelajaran yang dia lihat dan dengar.Hal yang tak kalah penting dalam meginternalisasikan nilai-nilai Islam adalah sampaikan dengan cara integratifsupaya tidak parsial, sehingga proses internalisasi nilai-nilai Islam yang mereka jalani adalah proses penginternalisasiannilaiislamyang komprehensif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses internalisasi nilai-nilai Islam integratif terhadap peserta didik yang dilakukan di SD Al-Irsyad 01 Cilacap berupa langkah-langkah internalisasi nilai yang dilakukan di dalam seluruh kegiatannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan field research (penelitian lapangan). Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan tiga proses yakni observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan internalisasi nilai-nilai islam integratif terhadap peserta didik dilakukan melalui setiap kegiatannya mulai dari proses kurikuler dan ekstrakurikuler dengan tiga langkah internalisasi nilai yakni transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Globalisasi, Internalisasi Nilai, Nilai-Nilai Islam Integratif, Usia Sekolah Dasar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Sep 2017 08:40
Last Modified: 13 Sep 2017 08:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2957

Actions (login required)

View Item View Item