IMPLEMENTASI PROGRAM BILINGUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI Ya BAKII KESUGIHAN 01 CILACAP

Anna Hardianti, 1323305031 (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM BILINGUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI Ya BAKII KESUGIHAN 01 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ANNA HARDIANTI_IMPELEMENTASI PROGRAM BILINGUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentangbagaimana Implementasi Program Bilingual dalam Pembelajaran Matematika di MI Ya BAKII Kesugihan 01 Cilacap serta kendala dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dandokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, antara lain: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program bilingual dalam pembelajaran matematika yaitu dalam pembelajaran guru menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Implementasi Program Bilingual dalam Pembelajaran matematika yaitu dalam penyampaian materi guru menggunakan dua bahasa yaitu bahasa pertama bahasa Indonesia dan Bahasa Kedua yaitu bahasa Inggris. Pemakaian bahasa Indonesia lebih dominan daripada bahasa Inggris tetapi lama-kelamaan bahasa pertama yaitu bahasa Indonesia berkurang dan pada akhirnya diganti dengan menggunakan bahasa kedua yaitu bahasa Inggris. Program bilingual matematika tidak terfokus pada upaya membekali peserta didik dengan kemampuan dan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi peserta didik juga diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional dapat digunakan sebagai alat untuk lebih memahami matematika. Program bilingual dalam pembelajaran matematika adalah suatu pembelajaran yang sangat potensial untuk diimplementasikan secara efektif guna mencapai tujuan pembelajaran matematika yaitu terwujudnya sumber daya manusia yang memiliki kemampuan teknologi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Bilingual, Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 12 Sep 2017 08:53
Last Modified: 12 Sep 2017 08:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2954

Actions (login required)

View Item View Item