IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS 1 MI MA’ARIF NU TLAHAB LOR KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA

SABILA RACHMAWATI, 1223305095 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS 1 MI MA’ARIF NU TLAHAB LOR KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
SABILA RACHMAWATI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS 1 MI MA’ARIF NU TLAHAB LOR KECAMATAN KARANGREJA KABUPATE~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)

Abstract

Dalam pembelajaran IPA, permasalahan yang muncul adalah bagaimana agar pembelajaran dan penyajian konsep IPA menyenangkan bagi siswa. Khususnya siswa tingkat dasar, tentunya dengan tidak melupakan tujuan pembelajaran IPA itu sendiri. Masih banyak peserta didik yang takut dan tidak menyukai pelajaran IPA. IPA dianggap sebagai pelajaran yang sulit, tentunya masalah tersebut akan berimbas pada hasil belajar siswa di sekolah. Untuk suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Pembelajaran harus menyenangkan yaitu materi yang disampaikan kepada peserta didik sudah ada dalam kehidupan sehari-hari mereka. Khususnya mata pelajaran IPA adalah salah satunya dengan menggunakan Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dipelajari dengan penerapan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Proses belajar mengajar berpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menuntut siswa untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang mereka miliki, dan hal itu membuat siswa berperan aktif ketika proses belajar mengajar berlangsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian setudi kasus dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas 1, siswa kelas 1, dan kepala Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Tlahab Lor. Adapun sumber data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran IPA yang digunakan oleh guru kelas 1 di MI Ma’arif NU Tlahab Lor telah mencerminkan Implementasi Pendekatan CTL. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi terhadap metode pembelajaran yang telah sesuai dengan prinsip, model dan 5 karakteristik CTL. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru memaksimalakan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan Standar Kompetensi dan kondisi siswa. Dalam pembelajaran guru melibatkan siswa untuk aktif dalam proses berfikir dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran IPA.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 12 Sep 2017 08:48
Last Modified: 12 Sep 2017 08:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2953

Actions (login required)

View Item View Item