EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 BANYUMAS

EkoMuktiPurwanto, 092338171 (2017) EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
EKO MUKTI PURWANTO_EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi dalam pendidikan Islam merupakan cara atau teknik penilaian terhadap tingkah laku peserta didik berdasarkan standar perhitungan yang bersifatkomperhensifdariseluruhaspek-aspek kehidupan mental psikologis dan spiritual religius pesertadidik (ArmaiArif, 2002: 53). Dalam dunia pendidikan tidakdikenaladanyastagnansi, semuanyamengenalperubahan dan senantiasa berubah dari masa ke masa.Perubahan kurikulum dari kurikulum berbasis isi (content based curriculum) ke kurikulum berbasis kompetensi (competency based curriculum) atau yang sekarang lebih kita kenal dengan kurikulum 2004. Perubahan kurikulum ini berimbas kepada perubahan paradigma dalam dunia pendidikan baik darisegi proses pembelajaranyamaupun system penilainya. Perubahan kurikulum tersebut membawa implikasi terhadap cara guru mengajar, memperlakukan peserta didik maupun cara guru dalam melakukan system penilaian terhadap peserta didik. Perubahan penilaian yang dimaksud adalah penilaian dari pendekatan norma ke penilaian yang menggunakan acuan kriteria atau standar, yaituaspek yang menunjukanseberapakompetensi yang dimiliki peserta didik menguasai materi yang telah diajarkan. Pergantian kurikulum dari KBK menjadi KTSP memungkinkan adanya perubahan sistem evaluasi. Paling tidak guru harus mempunyai pendukung dengan persiapan yang matang dalam proses evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan oleh guru di SMK Negeri 2 Banyumas. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengambil subjek yaitu guru mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menganalisa. Selanjutnya data yang terkumpul penulis analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif untuk mendapatkan sebuah kesimpulan. Dalam merencanakan program evaluasi guru Pendidikan Agama Islam didukung dengan lima aspek perencanaan, diantaranya tujuan evaluasi, menyusun kisi-kisi soal, menentukan banyak sedikit soal, penulisan soal dan penelaahan soal. Selain merencanakan program evaluasi, guru Pendidikan Agama Islam juga mempunyai jenis pengukuran dalam penilaian. Adapun lima jenis pengukuran dalam evaluasi di antaranya dengan ulangan harian, tes lisan, ulangan blok, tugas kelompok dan tugas individu. Jadiperosespengukuranevaluasi di atas yang bersumber pada lima aspek tersebut dapat mengacu peserta didik dalam melaksanakan pengukuranevaluasi yang tujuannyaadalahmemperolehnilai evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:05
Last Modified: 12 Sep 2017 04:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2950

Actions (login required)

View Item View Item