PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN JUZ 30 DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT

Nur Anisyah, 1323305070 (2017) PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN JUZ 30 DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
NUR ANISYAH_PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN JUZ 30 DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri. Oleh karena itu anak perlu diarahkan ke hal-hal poitif. Salah satunya adalah menghafal Al-Qur’an agar anak memiliki akhlak yang sesuai dengan Al-Qur’an, mengingat zaman sekarang akhlak remaja banyak yang menyimpang dari nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an. Program tahfidzul qur’an merupakan program unggulan yang di tawarkan oleh MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat. Diterapkan adanya tahfidzul qur’an agar anak lebih sering membaca Al-Qur’an serta lebih mencintai Al-Qur’an serta mendalami isi kandungan al-Qur’an sehingga lebih mengingat isi kandungan yang ada didalamnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan tahfidzul qur’an, metode menghafal yang diterapkan, faktor pendukung dan penghambat menghafal al-Qur’an yang ada di MI Darul hikmah Bantarsoka Purwokero Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Field Research)yaitu studi empiris dengan cara terjun langsung dilokasi penelitian terhadap fenomena-fenomena yang terjadi. Penelitian ini berifat deskriptif kualitatif. Penelian kualitatif bertujuan untuk memahami kejadian yang dialami subjek penelitian seperti perilaku dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus dana alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penerapan program tahfidzul qur’an juz 30 di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat terdiri dari tiga kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan yang diterapkan berupa setoran hafalan, sima’an dan muraja’ah. Adapun proses hafalan dilakukan dengan metode talaqqi, tasmi’ dan takrir. Secara umum siswa menghafal dengan metode seluruhnya maupun bagian. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses menghafal dikelompokan menjadi dua yaitu faktor pndukung dan faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Program, Tahfidzul Qur’an, dan Juz 30.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:05
Last Modified: 11 Sep 2017 02:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2938

Actions (login required)

View Item View Item