MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI PERAN MASJID FATIMATUZZAHRA GRENDENG PURWOKERTO)

AVIANA LESTARI, NIM. 1323301091 (2017) MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI PERAN MASJID FATIMATUZZAHRA GRENDENG PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
AVIANA LESTARI_MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN AKHLAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)

Abstract

Dekadensi moral dewasa ini telah menjangkit keseluruh kalangan masyarakat. Tidakan seperti korupsi, pornografi, kekerasan, perkelahian, perusakan lingkungan banyak telah dilakukan.Dalam pandangan agama hakikatnya kemunduran moral yang terjadi menjadi indikasi makin jauhnya manusia dari nilai-nilai syariat Islam. Salah satu alternatif untuk mendapatkan pengalaman syariat Islam sekaligus untuk menekan tindakan amoral yang terjadi yaitu masjid. Salah satu masjid yang menghidupkan kembali esensi peran dan fungsi masjid sebagaimana semestinya sekaligus menjadi jembatan umat muslim dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada umat adalah masjid Fatimatuzzahra Grendeng Purwokerto. Di dalamnya terdapat sedikitnya 16 Unit Pemakmuran Masjid (UPM), yang diperuntukkan bagi semua kalangan. Sehingga mempermudah dalam membentuk umat yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT sekaligus mempunyai akhlak mulia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(field research) yang bersifat deskriptif-kualitatif. Pihak yang menjadi subyek penelitian adalah Takmir, ustaz/ustazah, dan jamaah masjid Fatimatuzzahra Grendeng Purwokerto, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah peran Masjid sebagai pusat pendidikan akhlak di masjid fatimatuzzahra Grendeng Purwokerto. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis data digunakan pendekatan analisis Miles and Huberman yang meliputi pereduksian data, penyajian data hingga verifikasi dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan dan menggambarkan bahwa peran masjid sebagai pusat pendidikan akhlak adalah sebagai tempat/alat menanamkan akhlak terpuji, wadah untuk memperdalam ilmu agama dan umum untuk membentuk akhlak terpuji dan sebagai penggerak dalam penyebarkan akhlak terpuji. Metode yang digunakan adalah keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat,targhib dan tarhib,dan pemberian perhatian/pengawasan. Sedangkan faktor pendukungnya diantaranya tempat yang strategis, animo masyarakat dan sistem pengurus yang tertata dan SDM yang profesional, kesadaran beragama yang tinggi dan tanpa paksaan dan program kegiatan yang bervariasi untuk semua kalangan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah anggapan eksklusif oleh sebagian masyarakat, kesibukan pengurus masjid dan kurangnya pengawasan program kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MAsjid, Peran Masjid, Mosque, education in Mosque
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.343 Majelis Ta'lim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 11 Sep 2017 01:46
Last Modified: 11 Sep 2017 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item