PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP NEGERI 2 PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS

Nisa Utami, 1323301109 (2017) PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP NEGERI 2 PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NISA UTAMI_PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Binti Maunah dalam bukunya Metodologi Pengajaran Agama Islam menyatakan bahwa Pembiasaan merupakan cara yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai yang positif ke dalam diri anak, baik aspek kognitif, psikomotorik maupun afektif, selain itu pembiasaan juga dinilai sebagai cara yang efisien dalam mengubah kebiasaan negatif menjadi kebiasaan positif. Mengulang-ulang bacaan Al-Qur’an sesungguhnya merupakan membuka ilmu pengetahuan dan tabir alam raya, membaca Al-Qur’an akan senantiasa menambah penafsiran baru, pengembangan, gagasan, dan sebagainya. Sehingga memang penting kiranya kita membiasakan diri membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara, hasil, faktor penghambat dan pendukung, dan upaya mengantisipasi faktor penghambat dalam kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMP Negeri 2 Pekuncen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian sebagai berikut: (1) Jenis atau pola penelitian kualitatif, (2) Sumber data: narasumber dan data sekolah, (3) Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa, observasi dan dokumentasi, (4)Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Pembiasaan membaca Al-Qur’an dilakukan dengan dua cara yaitu dengan membaca Al-Qur’an secara klasikal dan pemberian tugas. (2) untuk hasil dari pembiasaan yaitu sebagian siswa sudah merasakan manfaat dari kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an diantaranya hati terasa tenang, mudah dalam menghafal dan bacaan Al-Qur’annya menjadi lebih lancar(3) Untuk faktor penghambat dari kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an adalah Kemampuan membaca Al-Qur’an anak yang berbeda-beda, Kurangnya pemahaman anak tentang pentingnya membaca Al-Qur’an, masih ada orang tua yang kurang memahami pentingnya untuk membimbing anak membaca Al-Qur’an dirumah, Masih ada anak yang tidak mengikuti pembiasaan membaca Al-Qur’an dan Faktor dari dalam diri siswa yaitu rasa malas. Faktor pendukung dari kegiatan tersebut antara lain semua siswa beragama islam, sarana dan prasarana memadai, serta adanya motivasi dari guru dan orangtua siswa. (4) Untuk upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat dari pembiasaan membaca Al-Qur’an diantaranya adalah Memberikan bimbingan secara khusus kepada siswa yang berkemampuan rendah dalam membaca Al-Qur’an di sela kegiatan pembelajaran, Memberikan pengertian dan motivasi dan memberikan sosialisasi kepada wali murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Sep 2017 01:18
Last Modified: 11 Sep 2017 01:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item View Item