Pembelajaran Seni Kaligrafi Arab (Khat) dalam Melatih Maharah Al-Kitabah di MTs Minat Kesugihan Cilacap

Laily Hidayati, 1323302031 (2017) Pembelajaran Seni Kaligrafi Arab (Khat) dalam Melatih Maharah Al-Kitabah di MTs Minat Kesugihan Cilacap. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
LAILY HIDAYATI_PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI ARAB KHAT DALAM M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagaimana kita ketahui, tujuan utama dari pembelajaran bahasa ialah menggali dan mengembagkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa, baik secara aktif (lisan) maupun pasif (tulisan). Salah satu keterampilan dalam berbahasa adalah keterampilan menulis (maharah al-kitabah). Hal tersebut dikembangkan oleh MTs Minat Kesugihan Cilacap berupa pembelajaran seni kaligrafi (khat) guna melatih kemampuan siswa dalam menulis halus yang bernilai estetika. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kaligrafi Arab (khat) merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal (mulok) yang diajarkan di MTS Minat Kesugihan Cilacap yang dimulai dari kelas VII sampai kelas IX. Ciri khas pesantren yang dimiliki MTs Minat Kesugihan Cilacap, mengharuskan para siswanya memiliki kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni kaligrafi Arab (Khat) dalam melatih maharah al-kitabah di MTs Minat Kesugihan Cilacap. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna dari data yang telah dikumpulkan dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni kaligrafi Arab (khat) yang dilakukan di MTs Minat Kesugihan Cilacap dimulai dari pemberian motovasi kepada siswa, kemudian guru menulis di papan tulis menggunakan kapur tulis yang telah disesuaikan bentuknya untuk ditiru oleh para siswa dengan menggunakan pensil khusus kaligrafi atau khat, selanjutnya guru melakukan monitoring. Monitoring dilakukan dengan cara guru menghampiri satu persatu siswa untuk melihat perkembangan dan kesulitan siswa sebelum guru memberikan contoh tulisan yang benar dibuku setiap siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kaligrafi Arab (Khat), Maharah Al-Kitabah (Keterampilan Menulis).
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Sep 2017 01:11
Last Modified: 11 Sep 2017 01:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item View Item