PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS AKSELERASI 1 DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

WANTI RAHAYU, 102331086 (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS AKSELERASI 1 DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFATAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
WANTI RAHAYU_PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kendala dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu minat peserta didik yang rendah terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mereka lebih suka dengan mata pelajaran yang berbasis teknologi dan informasi. Selain itu juga karena mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak termasuk dalam mata pelajaran untuk Ujian Nasional. Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menuntut agar pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran, agar proses pembelajaran tidak membosankan, serta tujuan pembelajaran akan tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan mengenai penggunaan media pemebelajaranPendidikan Agama Islam padakelasakselerasi 1 di SMP Negeri 1 Purwokertotahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, yaitu penelitian untuk mengumpulkan informasi mengenai keadaan yang ada pada saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama di lapangan model Miles and Huberman, yaitu dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusiondrawing / verification (penarikan kesimpulan). Dari analisis data tersebut baru dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan, penggunaan media pemebelajaranPendidikan Agama Islam padakelasakselerasi 1 di SMP Negeri 1 Purwokertotahun pelajaran 2014/2015 diantaranyayaitumedia yang digunakan film, slide (petakonsep), dangambar. Dalammenggunakan media tersebutlangkah-langkah yang dilakukanoleh guru yaitupersiapan, penyusunan media, proses penyajian, danujikeberhasilan. Guru jugamemilih media yang selarasdanmenunjangpembelajaran, sertasinkrondenganmateripembelajaran, melihatkondidsisiswa, penguasaan media oleh guru, danbiaya.Manfaatdaripenggunaan media tersebutadalahmemotifasibelajar, mudahmemahamipelajaran, danmemberifariasibelajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Penggunaan Media PemebelajaranPendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Sep 2017 03:58
Last Modified: 08 Sep 2017 03:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item View Item