PEMBINAAN KARAKTER MANDIRI DAN RELIGIUS MELALUI PROGRAM ASRAMA DI SD ISLAM AL-MUJAHIDIN KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP

Lu’lu’il Maknun, NIM. 1323301218 (2017) PEMBINAAN KARAKTER MANDIRI DAN RELIGIUS MELALUI PROGRAM ASRAMA DI SD ISLAM AL-MUJAHIDIN KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
LULUIL MAKNUN_PEMBINAAN KARAKTER MANDIRI DAN RELIGIUS MELALUI PROGRAM ASRAMA DI SD ISLAM AL-MUJAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)

Abstract

Ada kondisi sosial yang membentuk terciptanya karakter dalam diri manusia. Di sinilah diperlukan suatu upaya untuk membangun karakter yang bisa membina watak dan mental manusia yang bisa mengatasi keadaannya yang didesain oleh kekuatan dari luarnya. Pendidikan adalah proses pembangunan karakter. Pembangunan karakter adalah proses membina karakter, dari yang kurang baik menjadi yang lebih baik. Tergantung pada bekal masing-masing, mau dibentuk seperti apa karakter itu tergantung kepada potensinya, mungkin dalam makna ke depan, juga tergantung pada peluangnya. Mandiri adalah sikap dan perilaku yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. Mandiri bagi anak sangat penting. Dengan mempunyai sifat mandiri, anak tidak akan mudah bergantung kepada orang lain. Religius adalah nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh-kembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu aqidah, ibadah, dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan Ilahi untuk mencapai kesejahteraan serta kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan karakter mandiri dan religius yang dilaksanakan di asrama SD Islam Al-Mujahidin Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah analisis data, yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan karakter mandiri dan religius sudah dilaksanakan dengan baik di asrama SD Islam Al-Mujahidin Cilacap. Salah satunya yaitu dengan adanya kebijakan sekolah mengenai program asrama. Metode yang digunakan dalam pembinaan karakter mandiri dan religius itu antara lain: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode cerita dan nasehat, metode hukuman. Bentuk-bentuk karakter mandiri dan religius itu dibuktikan dalam aktivitas sehari-hari, seperti: melaksanakan piket harian, mengikuti kegiatan mengaji, shalat, berjamaah, menyiapkan perlengkapan pribadi dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Chacarter Education, Disiplin Siswa, Asrama Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:59
Last Modified: 08 Sep 2017 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2908

Actions (login required)

View Item View Item