METODE PENDIDIKAN KARAKTER PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN RIYADLUL ULUM KALIREJO KABUPATEN KEBUMEN

Anis Fajar Rochman, 1323301003 (2017) METODE PENDIDIKAN KARAKTER PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN RIYADLUL ULUM KALIREJO KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANIS FAJAR ROCHMAN_METODE PENDIDIKAN KARAKTER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK-DFATAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Metode Pendidikan Karakter adalah cara kerja yang bersisitem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan dengan usaha yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis untuk memotivasi, membina, membantu, serta membimbing seseorang untuk mengembangkan segala potensinya, sehingga ia mencapai kualitas yang tinggi dan beradab dan beretika sesuai dengan adat yang ada dalam masyarakat. Santri atau peserta didik, ialah sebutan peserta didik di dunia pesantren. Dan santri biasanya terdiri dari dua kelompok, yaitu santri mukim dan santri kalong. Sedangkan pesantren berarti suatu lembaga pendidikan agama Islam yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat sekitar dengan sistem asrama (komplek) di mana santri- santri menerima pendidikan melalui sistem pengajian atau madrasah yang sepenuhnya berada di bawah kedaulatan dari leadership seorang atau beberapa orang kyai dengan ciri- ciri khas yang bersifat karismatik serta independen dalam segala hal. Penelitian ini bertujuan mengetahui apa saja dan bagaiaman metode- metode pendidikan karakter yang diterapkan pada santri di Pondok Pesantrn Riyadlul Ulum Kalirejo Kabupaten Kebumen yang diterapkan pada kegiatan- kegiatan keseharian santri. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data- data yang dioerlukan, penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknisk analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pendidikan karakter pada santri di pondok Pesantren Riyadlul Ulum Kalirejo Kabupaten Kebumen dilaksanakan dan diterapkan langsung dalam kegiatan- kegiatan kesehariannya santri di pondok pesantren. Adapun metode- metode pendidikan karakter yang digunakan di pondok Pesantren Riyadlul Ulum Kalirejo Kabupaten Kebumen adalah metode mengajarkan, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode ceramah, metode diskusi, metode simulasi atau bermain peran dan metode praktik atau latihan. Ada beberapa proses dalam pendidikan karakter baik agar pendidikan karakter santri berjalan sesuai sasaran adalah dengan melalui proses pemahaman, pembiasaan dan keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode; Pendidikan Karakter; Santri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 07 Sep 2017 07:32
Last Modified: 07 Sep 2017 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item