KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MAPEL ILMU PENGETAHUAN ALAM, BAHASA INDONESIA DAN MATEMATIKA PADA KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO

Citra Wawaladin Sholih, 1323310031 (2017) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MAPEL ILMU PENGETAHUAN ALAM, BAHASA INDONESIA DAN MATEMATIKA PADA KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
CITRA WAWALADIN SHOLIH_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MAPEL ILM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional guru adalah kemampuanmenguasaimateripelajaransecaraluasdanmendalamdiperolehmelaluipendidikanprofesi. Ada lima kompetensi inti dalam kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu sebagaimana yang tercantum di dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 dan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 pasal 16. Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Purwokerto berbeda dari Madrasah Ibtidaiyah yang lain, pada kelas VI guru yang mengajar adalah guru mapel bukan guru kelas, jadi setiap mata pelajaran pengajarnya ada satu. Hal ini seperti sistem pengajaran yang ada di Sekolah Menengah Pertama atau sederajat dan Sekolah Menengah Atas atau sederajat. Prestasi yang diraih oleh siswa siswi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Purwokerto banyak baik akademik maupun non akademik. Fokus penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru mapel ilmu pengetahuan alam, bahasa indonesia dan matematika pada kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Purwokerto? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di MIN Purwokerto. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mapel ilmu pengetahuan alam, bahasa indonesia dan matematika pada kelas VI (enam). Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, maka penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi profesional guru mapel ilmu pengetahuan alam, bahasa indonesia dan matematika pada kelas VI kurang kompeten dalam hal menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar matapelajaran/bidang pengembangan yang diampu karena guru mapel ilmu pengetahuan alam, bahasa indonesia dan matematika pada kelas VI tidak membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman pembelajaran. Sedangkan dalam hal menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yangmendukung mata pelajaran yang diampu bagi guru mapel bahasa Indonesia kurang kompeten. Karena guru tersebut dalam mengajar kadang masih melihat buku ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Sep 2017 02:29
Last Modified: 06 Sep 2017 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item View Item