Implementasi Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N 2 Kemiri Sumpiuh Banyumas

Siska Putri Purwaningrum, 1323310027 (2017) Implementasi Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N 2 Kemiri Sumpiuh Banyumas. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
SISKA PUTRI P_IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)

Abstract

Melihat pentingnya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam kehidupan manusia sehari-hari, maka sebagai seorang pendidik yang mengajarkan dasar-dasar IPA senantiasa berusahaa meningkatkan mutu pembelajaran IPA dengan metode eksperimen yang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan konsep sendiri melalui observasi dengan daya nalar, daya pikir dan kreatifitasnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N 2 Kemiri Sumpiuh Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi metode eksperimen pada pembelajaran IPA di SD N 2 Kemiri Sumpiuh Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reaserch) yaitu peneliti langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait implementasi metode eksperimen pada pembelajaran IPA. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi metode eksperimen pada pembelajaran IPA Kelas V di SD N 2 Kemiri Sumpiuh Banyumas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan metode eksperimen dapat mengurangi kebosanan peserta didik karena dapat bermain sambil belajar di luar maupun di dalam kelas. Dalam menerapkan metode eksperimen pada pembelajaran IPA, pendidik melaksanakan tahapan-tahapan yang meliputi: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran IPA yang digunakan guru kelas V di SD N 2 Kemiri adalah metode eksperimen. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPA guru kelas V menggabungkan beberapa metode pembelajaran dengan tujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan SK dan KD, serta kondisi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen, dan Peserta didik Kelas V.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Sep 2017 02:22
Last Modified: 06 Sep 2017 02:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item