KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS TINGGI MI MA’ARIF NU 2 PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Chasnaus Sa’adah, NIM. 1323305033 (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS TINGGI MI MA’ARIF NU 2 PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
CHASNAUS SA'ADAH_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS TINGGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)

Abstract

Kompetensi Pedagogik guru salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru dalam mengemban amanahnya sebagai pendidik di lembaga Sekolah, khususnya Sekolah Dasar. Demikian pula pada kelas tinggi yaitu kelas IV, V dan VI yang membutuhkan penekanan khusus dalam memahami materi sabagai bekal siswa menuju ujian akhir sekolah untuk melanjutkan jenjang yang lebih tinggi. Guru yang berkompeten terlebih pada aspek pedagogik dapat membuat dan membentuk siswa yang cerdas dan berkualitas sebab dalam pembelajaran, guru membawa siswa dalam dunia pendidikan yang menyenangkan dan nyaman. Sehingga siswa akan betah untuk berlama-lama dalam belajar. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana kompetensi pedagogik yang dimiliki guru kelas tinggi? dan Apakah guru kelas tinggi merupakan guru yang berkompeten dalam mengajar di kelas tinggi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kompetensi pedagogik yang dimiliki guru kelas tinggi MI Ma’arif NU 2 Pancasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teks naratif. Subjek penelitian yaitu guru kelas IV, V, dan VI MI Ma’arif NU 2 Pancasan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 3 guru. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk mendapatkan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa guru kelas tinggi MI Ma’arif NU 2 Pancasan memiliki Kompetensi yang sudah baik dalam mengelola pembelajarannya pada masing-masing kelas. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman guru kelas tinggi terhadap peserta didik terkait kecerdasan, perkembangan kognitif, kondisi fisik dan lainnya, rancangan pembelajaran guru kelas tinggi yang sistematis dan memperhatikan kondisi pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan metode mendidik dan menyenangkan serta memanfaatkan media yang dengan baik, dan evaluasi pembelajaran yang berstandar proses dan hasil belajar serta mengembangankan untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik dalam berbagai kegiatan yang sesuai dengan potensinya. Dengan demikian, bahwa guru kelas IV, V dan VI MI Ma’arif NU 2 Pancasan memiliki kompetensi pedagogik yang baik sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Teacher, Teacher Competence, Paedagogy
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 05 Sep 2017 08:34
Last Modified: 05 Sep 2017 08:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item View Item