ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER II MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VI SDIT MUTIARA HATI PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ROUF AROKHMAH, NIM 1323308067 (2017) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER II MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VI SDIT MUTIARA HATI PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUTAKA.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text
ROUF AROKHMAH_ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)

Abstract

ABSTRAK Tes hasil belajar dikatakan baik jika tes tersebut dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam rencana pembelajaran. Maka dari itu alat ukur (tes) tersebut harus standar, yaitu memiliki derajat validitas dan reliabilitas yang tinggi. Untuk mengetahui kualitas soal sebagai alat ukur yang baik, maka seorang guru dituntut untuk bisa melakukan analisis butir soal yang telah dibuat. Mengingat pentingnya evaluasi pembelajaran dengan alat ukur yang tepat dan akurat, maka analisis butir soal perlu dipahami dan dipraktekkan dengan baik oleh guru sebelum soal diteskan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Tengah Semester II Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui analisis butir soal untuk menentukan kualitas dilihat dari; validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei (Survey Research) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif.Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.Analisis data penelitian dalam penelitian ini adalah dibantu dengan menggunakan program Anates versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal Ujian Tengah Semester II Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Banjarnegara Tahun Pelajaran 2016/2017, untuk validitas 78% valid dan 20% invalid. Reliabilitasnya tinggi memiliki koefisien sebesar 0,88. Tingkat kesukaran soal 50% berkategori sangat mudah, 16% berkategori mudah, 32% berkategori sedang, 0% berkategori sukar, dan 2% berkategori sangat sukar. Daya pembeda 28% berkategori sangat baik, 20% berkategori cukup baik, 12% berkategori kurang baik, 40% berkategori tidak baik. Efektivitas fungsi pengecoh; 15% pengecoh berfungsi dengan sangat baik, 29% pengecoh berfungsi dengan baik, 19 % pengecoh berfungsi kurang baik, 23% pengecoh berfungsi buruk, dan 14% pengecoh berfungsi sangat buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Ulangan Tengah Semester, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:04
Last Modified: 04 Sep 2017 04:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item