KECERDASAN KINESTETIK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI SAMAN DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Isna Fatimatuz, Zahroh (2017) KECERDASAN KINESTETIK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI SAMAN DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
ISNA FATIMATUZ ZAHROH_PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER T.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada hakikatnya setiap anak dikaruniai beragam jenis kecerdasan. Tidak ada anak yang bodoh hanya saja setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Dengan adanya tingkat kecerdasan yang berbeda-beda maka tugas guru, orang tua dan masyarakat berupaya menigkatkan dan mengembangkan kecerdasan yang dimilki anak. Kegiatan ekstrakurikuer merupakan salah satu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan anak. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ada di madrasah siswa mampu meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan yang dimilkinya. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mampu mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler tari Saman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana pengembangan kecerdasan kinestetik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler tari Saman di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, pembina sekaligus pelatih ekstrakurikuler tari Saman. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan kinestetik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah data reduktion (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan kinestetik siswa yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler tari Saman, melalui 6 (enam) cara, yaitu bergabung dengan ekstrakurikuler tari, berlatih gerak dengan menirukan gerakan, berlatih teknik gerakan tari Saman, berlatih menari tari Saman dan berlatih kecepatan gerakannya, serta memantau perkembangan kinestetik siswa. Dengan hal ini siswa mampu mengembangkan komponen dari kecerdasan kinestetik dalam ekstrakurikuler tari Saman, yaitu koordinasi, keseimbangan, dan kecepatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan kecerdasan kinestetik, ekstrakurikuler tari Saman, MI Ma’arif NU 1 Pageraji
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:40
Last Modified: 31 Aug 2017 04:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item View Item