KOMPETENSI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN RANAH AFEKTIF SISWA DI MTs MA’ARIF NU 1 KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Siti Maesaroh, 1323301121 (2017) KOMPETENSI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN RANAH AFEKTIF SISWA DI MTs MA’ARIF NU 1 KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SITI MAESAROH_KOMPETENSI GURU AQIDAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru berperan penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang pada akhirnya berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. Kompetensi guru merupakan perpaduan antara kemampunan personal, keilmuan, teknologi, sosial, dan spiritual yang secara kafah membentuk kompetensi standar profesi guru, yang mencakup penguasaan materi, pemahaman terhadap peserta didik, pembelajaran yang mendidik, pengembangan pribadi dan profesionalitas Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kompetensi guru akidah akhlak dalam mengembangkan ranah afektif siswa di MTs Ma’arif NU 1 Kebasen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran tentang bagaimana kompetensi guru akidah akhlak dalam mengembangkan ranah afektif siswa terutama pengembangan sikap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripstif kualitatif yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru, kepala sekolah, dan staf di MTs Ma’arif NU 1 Kebasen Banyumas dengan interview dan mencari data dengan mengkaji dokumentasinya. Hasil penelitian menunjukkan secara khusus kompetensi guru akidah akhlak dalam mengembangkan ranah afektif siswa yaitu ketika guru akidah akhlak memiliki kompetensi guru yang baik maka guru memahami dengan baik tentang peserta didik, dan tentang wawasan pendidikan. Ketika seorang guru akidah akhlak memahami apa yang dilakukan dalam dunia pendidikan, maka salah satunya mereka sebagai guru aqidah dan akhlak pasti mengupayakan perkembangan peserta didiknya, termasuk dalam ranah afektifnya. Terutama berkenaan dengan sikap peserta didik. Oleh karena itu, guru membuat sebuah upaya agar tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru Aqidah Akhlak, MTs Ma’arif NU 1 Kebasen
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:23
Last Modified: 31 Aug 2017 01:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2772

Actions (login required)

View Item View Item