IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

Melly Kumala Putry Winarno, 1323308032 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MELLY KUMALA PUTRI W_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan merupakan gambaran proses pelaksanaan berbagai upaya sekolah yang bekerjasama dengan pihak lain yang terkait dalam membantu membentuk dan mengembangkan karakter peserta didik peduli lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Dengan lokasi di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas?. Metode pengumpulan data yang di gunakan antara lain: (a) Metode observasi, metode ini di gunakan untuk memperoleh data terkait implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah. (b) Metode wawancara, dengan menggunakan wawancara semiterstruktur yang bertujuan untuk menemukan permasalahan secara lebih terbuka, di mana pihak yang diajak wawancara diminta pendapat, dan ide-idenya. (c) Metode dokumentasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data terkait sekolah dan data pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri Banyumas Kabupaten Banyumas dilaksanakan dengan cara (1) Pengembangan kurikulum sekolah meliputi program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah. Program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin piket dan kegiatan di ektrakulikuler green team, kegiatan spontan, keteladan, dan pengkondisian sekolah. Pengintegrasian diupayakan dalam mata pelajaran PAI dan semua mata pelajaran. Budaya sekolah melalui ruang dan fasilitas, motivasi kepada siswa, penerapan hadiah dan hukuman, dan pengembangan karakter peduli lingkungan, kepedulian, dan tanggungjawab dengan program-program peduli lingkungan. (2) Pengembangan proses pembelajaran di kelas dengan penerapan materi yang berhubungan dengan peduli lingkungan. Pengembangan proses pembelajaran sekolah dengan mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup yang fokus terhadap lingkungan dan sekolah mengadakan lomba kebersihan kelas tiap minggunya. Luar sekolah dengan kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan yang melibatkan siswa dalam kegiatan di lingkungan sekolah. (3) Pengembangan kesehatan sekolah meliputi pemeliharaan ruang dan bangunan, pencahayaan dan ventilasi udara ruang kelas yang memadai, pengelolaan fasilitas sanitasi, pengelolaan kantin/warung, pencegahan lingkungan dari jentik nyamuk, larangan dan penyuluhan bahaya rokok, dan promosi hygiene dan sanitasi dengan poster serta himbauan/ajakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:27
Last Modified: 31 Aug 2017 01:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2771

Actions (login required)

View Item View Item