IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 2 BANJARNEGARA

Wahyu Fajar Saefulloh, 1223301173 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 2 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text
WAHYU FAJAR SAEFULLOH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memudahkan guru atau pengembang kurikulum dalam memperbaiki proses pembelajaran, yaitu dengan memecah proses menjadi langkah-langkah yang lebih terperinci dan memuat instruksi untuk peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif membangun konsep, hukum, atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan, atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan konsep, hukum, atau proses yang “ditemukan”. Dalam pelaksanaannya, guru harus berpedoman pada kaidah-kaidah, prinsip-prinsip, dan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Dengan menggunakan pendekatan saintifik terbukti bahwa hasil ulangan siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Banjarnegara semuamya diatas Kritria Kelulusan Minimum (KKM) untuk mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pendekatan saintifik Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Banjarnegara. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitaian. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Guru Fiqih kelas VIII yaitu bapak H. Adis, S. Ag dan Siswa kelas VIII B, VIII D, dan VIII H MTs Negeri 2 Banjarnegara. Objek yang dikaji adalah implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih yang ada di MTs Negeri 2 Banjarnegara dan diterapkan oleh bapak H. Adis, S. Ag. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model miles Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketika menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Banjarnegara bapak H. Adis, S. Ag sudah mengacu atau berpedoman terlebih dahulu pada teori yang ada. Adapun langkah-langkah yang diterapkam oleh beliau yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Saintifik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:19
Last Modified: 31 Aug 2017 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2770

Actions (login required)

View Item View Item