STRATEGI BAURAN PEMASARAN 7P DALAM BISNIS KECANTIKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus di Rumah Kecantikan dan Kebugaran Muslimah Salma Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah)

Antika Nur Fauziyah, NIM 1223203006 (2016) STRATEGI BAURAN PEMASARAN 7P DALAM BISNIS KECANTIKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus di Rumah Kecantikan dan Kebugaran Muslimah Salma Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ANTIKA NUR FAUZIYAH_STRATEGI_BAURAN_PEMASARAN_7P_DALAM_BISNIS_KECANTIKAN_PERSPEKTIF_EKONOMI_ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan dunia bisnis yang begitu kompetitif, menuntut perusahaan selalu membuat terobosan baru atau inovasi baru untuk mempertahankan eksistensi kinerjanya dalam mencapai tingkat pertumbuhan tertentu. Perusahaan berusaha merebut pasar dengan berbagai strategi pemasaran dan pelayanan untuk mendapat kepuasan pelanggan secara optimal. Salon muslimah hadir sebagai salah satu solusi pemasaran untuk mencapai kepuasan pelanggan secara maksimal dalam perannya sebagai salon khusus wanita muslim. Sebagaimana rumah kecantikan dan kebugaran muslimah Salma yang berlokasi di Jalan Pemuda no.14 Purwokerto merupakan rumah kecantikan dan kebugaran yang disediakan khusus muslimah dengan menyediakan perawatan yang terbuat dari bahan alami dan ide kreatif pemilik serta kebugaran yang menjaga kenyamanan muslimah. Adanya strategi bauran pemasaran 7P Salma yang baik menjadikan perusahaan mampu bertahan dan mengembangkan pemasarannya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran 7P beserta kekuatan dan kelemahan dari rumah kecantikan dan kebugaran muslimah Salma. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel sumber diambil dari pemilik, karyawan dan konsumen rumah kecantikan dan kebugaran muslimah Salma. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan di rumah kecantikan dan kebugaran muslimah Salma sesuai dengan marketing syariah dengan menerapkan nilai-nilai yaitu teitis, etis, realistis dan humanistis. Penerapan bauran pemasaranya meliputi komponen produk istimewa dan terbuat dari bahan alami. Harga sesuai dengan kualitas produk. Lokasi pemasarannya berada ditempat yang strategis, memiliki cabang yang bekerjasama dengan dua Universitas di Purwokerto yaitu UMP dan UNSOED. Kegiatan promosi efektif dengan memberikan paket diskon serta hadiah yang menarik. Karyawan yang berkompeten dengan mendapatkan masa pelatihan dan proses pelayanan yang selalu mengutamakan kenyamanan konsumen. Kemudian untuk faktor pendukung Salma yaitu kreativitas dalam menciptakan produk, menjaga kenyamanan muslimah, memiliki varian produk seperti rias wisuda dan pengantin. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi keterbatasan tenaga kerja serta kurang memanfaatkan media sosial. Kata Kunci: Strategi Bauran Pemasaran 7P, Bisnis Kecantikan, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Jun 2016 03:19
Last Modified: 20 Jun 2016 03:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item