IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA PUTERA HARAPAN (PU HUA SCHOOL) PURWOKERTOKABUPATEN BANYUMAS

Riyanti, 1323205002 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA PUTERA HARAPAN (PU HUA SCHOOL) PURWOKERTOKABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
Riyanti __Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di SMA Putera Harapan (Pu Hu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan agama hari ini menjadi kebutuhan yang penting untuk membentuk generasi menjadi lebih baik. Tujuan dari pendidikan agama Islam mampu menjawab tantangan zaman dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam yang diemban, dengan disesuaikan dinamisme zaman.Pendidikan multikultural merupakan kajian solutif yang mampu menyelesaikan polemik Bangsa yang disebabkan dari keberagamannya. Praktik pendidikan multikultural di Sekolah menjadi langkah stategis untuk memasukan nilai-nilai pendidikan dan kebudayaan. SMA Putera Harapan (Pu Hua School) Purwokerto Kabupaten Banyumas merupakan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan proses pembelajaran berbasis nilai-nilai multikutural, salah satu ciri penting terlihat sangat heterogen dari segi agama, budaya, etnis, dan bahasa yang ada di lingkungan sekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan agama Islam berbasis multiltural di SMA Putera Harapan (Pu Hua School) Purwokerto Kabupaten Banyumas? Dalam penelitian ini membahas implementasi pendidikan agama Islam berbasis multikultural di SMA Putera Harapan (Pu Hua School) Purwokerto Kabupaten Banyumas. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Kualitatif, dengan penyajian data secara deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Guru pendidikan agama Islam, siswa, Kepala Sekolah, Guru pendidikan agama non-Islam, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Staff administrasi dan bidang sarana dan prasarana. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Milles dan Hubberman. Penelitian ini menggambarkan implementasi pendidikan agama Islam berbasis keadaan multikutural di lingkungan SMA Putera Harapan (Pu Hua School) Purwokerto Kabupaten Banyumas. Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut mempunyai konstribusi dalam membina siswa untuk menyikapi keadaan yang heterogen, dan untuk menyelenggarakan program pendidikan berbasis multikultural Sekolah mendukung segala bentuk kegiatan yang mengakomodir siswa dalam mencapai tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Multikultural, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Multikultural.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Aug 2017 00:55
Last Modified: 31 Aug 2017 00:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2764

Actions (login required)

View Item View Item