IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI BUDAYA KENTONGAN DAN TARI DI MI NEGERI WATUAGUNG TAMBAK BANYUMAS

Siti Nur Asiyah, 1323305071 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI BUDAYA KENTONGAN DAN TARI DI MI NEGERI WATUAGUNG TAMBAK BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
SITI NUR ASIYAH_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)

Abstract

Persoalanpentingnyapendidikankarakterdalamsistempendidikannasionalbelakanganiniseringdiangkatsebagaitopikbahasan di berbagai seminar nasionalpadaumumnya, sekaligusberisikritikterhadappendidikan yang selamainilebihmengutamakanpengembangankemampuanintelektualakademisdankurangmemperhatikanaspek yang sangat fundamental, yaknipendidikankarakter (watak).PendidikanKaraktermerupakanusaha yang dapatdilakukanuntukmempengaruhikaraktersiswaatausuatuusaha yang disengajauntukmembantuseseorangsehinggadapatmemahami, memperhatikandanmelakukannilai-nilaietik yang inti. Penelitian inimerupakan penelitian yang bersifatdeskriptif-kualitatif.Lokasi penelitian inidilakukan di MI Negeri Watuagung Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas.Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, pengampu ekstrakurikuler dan peserta didik.Objek penelitian adalah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni budaya kentongan dan tari untuk mengimplementasikan pendidikan karakter. Metodepengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, wawancara, dan dokumentasi.Metodeanalisisyang digunakanadalahmetodeanalisis data kualitatif. Hasilpenelitian menunjukan bahwa MI Negeri Watuagung merupakan salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya mengmplementasikanpendidikankarakter, kegiatan yang terdapatdalamekstrakurikulersenibudayakentongandantari di MI NegeriWatuagungberhasilmembentukbeberapanilai-nilaikarakterpadapesertadidik. Hasil data observasidaricatatansaatmelaksanakankegiatanekstrakurikulerini,adapunnilai karakter yang terbentukanatar lain: NilaiTanggungjawab, Disiplin, PedulidanKerjasama, PercayaDiri, Kreatif, KerjaKerasdanPantangMenyerah. Kegiatan Ekstrakurikuler dilaksanakan diluar jam pelajaran. Terdapat tiga komponen yang menjadi acuan pelaksanaan program yaitu komponen perencanaan, pelaksanaan dan penilaian/evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Pendidikan Karakter
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Aug 2017 00:46
Last Modified: 31 Aug 2017 00:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2761

Actions (login required)

View Item View Item