PENERAPAN METODE AISAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD ISLAM DARUL FALAH GUMELAR LOR TAMBAK BANYUMAS

Fathonatul Munawaroh, NIM: 1323301215 (2017) PENERAPAN METODE AISAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD ISLAM DARUL FALAH GUMELAR LOR TAMBAK BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
FATHONATUL MUNAWAROH_PENERAPAN METODE AISAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD ISLAM DARU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang skripsi ini berangkat dari melihat banyaknya anak yang sudah dapat membaca Al-Qur’an, tetapi belum benar dalam makharijul huruf dan hukum bacaannya. Setelah melihat siswa SD Islam Darul Falah Tambak yang sudah baik dalam pelafalah huruf, walaupun belum dapat membaca Al-Qur’an secara lengkap, membuat peneliti tertarik untuk meneliti metode yang digunakan dan penerapannya dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Metode belajar Aisar merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Metode Aisar ini menekankan cara Talqin, yaitu guru melafalkan contoh-contoh bacaan dihadapan murid untuk ditiru, selanjutnya murid membaca latihan-latihan di bawahnya dengan pantauan dan bimbingannya. Metode Aisar ini disusun oleh Ustadz Abu Hamid Fauzi bin Isnain. Metode Aisar terdiri dari Juz 1 sampai Juz 4. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Islam Darul Falah Tambak Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Aisar dilakukan dengan tiga kegiatan, yaitu: 1) Kegiatan awal, dalam kegiatan ini guru memotivasi siswa untuk semangat belajar Al-Qur’an, 2) Kegiatan inti, dalam kegiatan ini guru menggunakan cara klasikal dan individual, serta beberapa metode yang mendukung pembelajaran, 3) Kegiatan penutup, kegiatan ini merupakan kegiatan terakhir dari pembelajaran menggunakan metode Aisar, dalam kegiatan ini guru memberikan evaluasi bacaan siswa dan menilai tugas yang diberikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Aisar, Membaca Al-Qur’an, pendidikan Qur'an, metode quran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:57
Last Modified: 30 Aug 2017 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item View Item