IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V MI AT-TAUHID PAGERALANG KEMRANJEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Octaviansyah Arizal Saputra, 1323305110 (2017) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V MI AT-TAUHID PAGERALANG KEMRANJEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
Octaviansyah Arizal Saputra__Implementasi Metode bermain dalam Media Audio Visual Pada Pembelajar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)

Abstract

Proses pembelajaran adalah suatu proses komunikasi antara guru dan murid. Dalam pembelajaran, guru dituntut menjadi fasilitator untuk menunjang proses pembelajaran agar menjadi lebih menarik. Pembelajaran yang menarik akan menghasilkan suatu proses pembelajaran yang berkualitas dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru yang kreatif dapat meningkatkan kualitas peserta didik dalam memperoleh informasi yang diadapat pada proses pembelajaran. Pembelajaran aktif adalah yang diterapkan di Mi At-Tauhid Pageralang. Pembelajaran dengan menggunakan metode bermain dalam media audio visual adalah salah satu yang diterapkan guru bahasa Inggris dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan guru berupa mengkolaborasikan antara metode bermain dalam media audio visual dalam proses pembelajaran. Guru mrmbuat materi pembelajaran bahasa Inggris di dalam slide dan disisipkan sebuah metode bermain bahasa dalam kegiatan menjelang akhir pembelajaran. Hal tersebutmembuat anak akan menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan akan meningkatkan rasa tertarik anak dalam belajar bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus yang bersifat deskripsif kualitatif yaitu pendekatan yang menekankan padahasil pengamatansendiri. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, reduksi data, dan dokumentasi.Dengan langkah analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitianini, implementasi metode bermain dalam media audio visual pada pembelajaran bahasa Inggris. Penggunaan media yang digunakan dengan berbagai pertimbangan seperti kemampuan sekolah, kopetensi guru, karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, dan materi pembelajaran. Penggunaan metode bermain dalam media audio visual dilakukandenganlangkah-langkah agar metodedan media berfungsisebagaimanamestinyadantujuanpembelajarantercapaidenganbaik.Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran menggunakan metodebermain dalam media audio visual pada bahasa Inggris adalah siswa berdoa, guru memberikan salam, guru masuk kemateri, kemudian menggunakan slidedalam menampilkan materi guru menjelaskan, gur menampilkan video siswadiberilatihandalamempatketrampilan yang perludikuasaidalampembelajaran bahasainggris, guru menggunakan metode bermain untuk menambah kosa-kata dalam bahasaInggris, setelah itu guru memberikan kesimpulan tentang materi yang diajarkan, dan guru mengakhir ipelajaran dengan salam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain, Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:52
Last Modified: 30 Aug 2017 06:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2748

Actions (login required)

View Item View Item