PEMBIASAAN BAHASA ARAB AKTIF BAGI ANGGOTA LPBA NURUL HIDAYAH PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO BANYUMAS

Dena Kurniawan, 1323302001 (2017) PEMBIASAAN BAHASA ARAB AKTIF BAGI ANGGOTA LPBA NURUL HIDAYAH PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DENA KURNIAWAN_PEMBIASAAN BAHASA ARAB AKTIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa adalah realitas yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tumbuh kembangnya manusia pengguna bahasa tersebut. Belajar bahasa menurut aliran behaviorisme menekankan pentingnya pembelajaran bahasa berbasis keterampiran mendengar dan berbicara karena tujuan pembelajaran bahasa adalah berbicara dalam bahasa tersebut bukan berbicara tentang bahasa tersebut. Seperti halnya di LPBA Nurul Hidayah sebagai lembaga pengembangan bahasa asing, yaitu bahasa Arab dan Inggris mewajibkan para anggota-anggotanya untuk menggunakan bahasa asing tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pembiasasaan bahasa Arab aktif bagi anggota LPBA Nurul Hidayah Pondok Pesantre Al-Hidayah Karangsuci Purwokwrto. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan pembiasaan bahasa Arab aktif bagi anggota LPBA Nurul Hidayah. Penelitian ini menggunakan kualitatif.Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Subyek penelitian tersebut adalah guru (tutor) LPBA Nurul Hidayah sebagai pelaku utama dalam pembiasaan bahasa Arab, beserta anggota LPBA Nurul Hidayah. Sedangkan objek penelitian adalah pelaksanaan bembiasaan bahasa Arab aktif bagi anggota LPBA Nurul Hidayah. Tehnik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diantaranya tujuan dari pembiasaan bahasa Arab bagi anggota LPBA Nurul Hidayah yaitu menjadikan anggota LPBA Nurul Hidayah mahir literatur Arab sebagai bekal bersaing di masa global. Usaha yang ditempuh untuk mencapai tujuan diantaranya adanya jadwal pembelajaran bahasa setiap malam sabtu dan membiasakan para anggotanya ketika berada dalam asrama, di dalam kelas dan saat pembelajaran bahasa berlangsung selain itu juga adanya setoran mufrodat di asrama masing-masing. Metode yang digunakan dalam proses pembiasaan, yaitu metode langsung, lihat ucap, menceritakan kembali, tanya jawab, dan metode tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, bahasa Arab, bahasa Arab aktif
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:50
Last Modified: 30 Aug 2017 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2738

Actions (login required)

View Item View Item