PENERAPAN SEGMENTASI PASAR PADA PRODUK FUNDING DI BPRS BUANA MITRA PERWIRA PURBALINGGA

Amilatu Syarifah, 1423204007 (2017) PENERAPAN SEGMENTASI PASAR PADA PRODUK FUNDING DI BPRS BUANA MITRA PERWIRA PURBALINGGA. Diploma thesis, IAIN.

[img] Text
AMILATU SYARIFAH_PENERAPAN SEGMENTASI PASAR PADA PRODUK FUNDING DI BPRS BUANA MITRA PERWIRA PURB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB -V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejarah berdirinya perbankan syariah dikarenakan dua alasan utama yaitu adanya pandangan bahwa bunga (interest) pada bank konvensional hukumnya haram dan dari aspek ekonomi dimana penyerahan resiko usaha terhadap salah satu pihak dinilai melanggar norma keadilan. Lembaga perbankan Islam mengalami perkembangan yang sangat pesat karena dengan adanya Islamic Development Bank (IDB) pada tahun 1975 yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan sosial bagi negara-negara anggota dan masyarakat Muslim pada umumnya. Berdirinya BPRS Buana Mitra Perwira selain didasari oleh tuntunan bermuamalat secara islam yang merupakan keinginan kuat dari sebagian umat islam di Indonesia juga sebagai langkah aktif dalam rangka membangkitkan perekonomian Indonesia yang dituangkan dalam berbagai paket kebijaksanaan keuangan, moneter dan perbankan. Penetapan segmentasi menjadi tahap strategi untuk pemasarkan produk funding di BPRS Buana Mitra Perwira untuk menentukan calon nasabah yang tepat. Tujuan dari penelitian laporan tugas akhir ini adalah untuk memenuhi tugas terstruktur sebagai syarat kelulusan program D-III Manajemen Perbankan Syari’ah IAIN Purwokerto, guna memperoleh delar Ahli Madya. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana segmentasi pasar yang di aplikasikan oleh BPRS Buana Mitra PerwraPurbalingga. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di BPRS Buana Mitra Perwira Purbaligga, analisis dan pengecekan keabsahan data yang diperoleh dari lapangan, maka diambil kesimpulan bahwa data yang menurut beberapa ahli, dengan keadaan lapangan di BPRS Buana Mitra Perwira pada produk funding menggunakan segmentasi berdasarkan pasar yang mana aada dua pendekatan yaitu mass marketing dan niche marketing. Produk yang menggunakan pendekatan mass marketing : Tabungan iB Syariah dan Deposito iB, sedangkan yang menggunakan niche marketing : TabunganKu iB dan Tabungan Mitra Sipantas. Segmentasi Berdasarkan karakteristiknya menggunakan tiga pendekatan yaitu static attribute segmentation, dynamic attribute segmentation dan individual segmentation. Produk yang menggunakan pendekatan static attribute segmentation : TabunganKu iB, sedangkan produk yang menggunakan dynamic attribute segmentation : Tabungan iB Syariah, Tabungan Mitra Sipantas, dan Deposito iB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Segmentation, Produk funding,
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:42
Last Modified: 30 Aug 2017 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item View Item