PENERAPAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH MUJUR LOR KROYA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP Dina Rahmawati (NIM.1323305040)

Dina Rahmawati, 1323305040 (2017) PENERAPAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH MUJUR LOR KROYA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP Dina Rahmawati (NIM.1323305040). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
DINA RAHMAWATI_PENERAPAN MEDIA BENDA KONKRET PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Media Benda Konkrit Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Muhammadiyah Mujur Lor, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap. Nilai penting penerapan media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi perhatian tersendiri bagi peneliti. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran menjadi kunci keberhasilan proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai penerapan media benda konkrit dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Muhammadiyah Mujur Lor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media benda konkrit dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V. Lokasi penelitian ini di MI Muhammadiyah Mujur Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia, dan siswa kelas V MI Muhammadiyah Mujur Lor. Objek penelitian ini yakni penerapan media benda konkrit mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V Madarsah Ibtidaiyah. Penggalian data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan. Hasi penelitian ini berupa gambaran mengenai penerapan media benda konkrit pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Muhammadiyah Mujur Lor Kroya yang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Tahap perencanaan yang dilakukan oleh guru antara lain meliputi: penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media benda konkrit, sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Tahap pelaksanaan yang meliputi pelaksanaan penerapan media benda konkrit. Pembelajaran dengan menggunakan media benda konkrit diperoleh hasil belajar yang baik dengan ditunjukkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Muhammadiyah Mujur Lor telah menerapkan media benda konkrit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media benda konkrit, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:03
Last Modified: 30 Aug 2017 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2735

Actions (login required)

View Item View Item