SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PROFESIONAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NUSAWUNGU CILACAP

Musrifah, 1423402059 (2017) SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PROFESIONAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NUSAWUNGU CILACAP. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABVI_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
MUSRIFAH_SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA P.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk;mengetahui pelaksanaan supervisi kliniskepala madrasah,mengetahui kinerja profesionalguru danmengetahuipelaksanaansupervisi klinis kepala madrasah terhadap kinerja profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Nusawungu Cilacap.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dalam pelaksanaannya menggunakan model studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru serta dokumen tentang kinerja profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Nusawungu Cilacap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah melaksanakan supervisi klinis dalam mengatasi kesulitan yang dialami guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Nusawungu Cilacapdengan tahapan perencanaan, pelaksanaan observasi, dan pertemuan balikan. Kinerja profesionalguru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Nusawungu Cilacapdapat dilihat dari perencanaan pembelajaranyang disusun guru, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar pesertadidik. Pelaksanaan supervisi klinis kepala madrasah terhadap kinerja profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Nusawungu Cilacap hal ini dapat dilihat terwujudnya kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Nusawungu yang mencakup keterampilan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, mengelola dan melaksanakan pembelajaran serta melakukan evaluasi pembelajaran yang merupakan indicator guru profesional. Supervisi klinis dapat berjalan dengan baik, karena supervisor dalam hal ini adalah kepala madrasah mampu menempatkan guru sebagai mitra bukan sebagai bawahan sehingga terjalin hubungan yang baik, gurutidakcanggungdalammenyampaikanpermasalahan yang dialaminyakepadakepala madrasah.Berdasarkan hasil wawancara dan analisis data, perencanaan pembelajaran yang disusun guru sudah baik,pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru sudah sesuai dengan perencanaan yang disusun, guru melakukan evaluasi hasil belajar dengan rutin dan berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis, Kepala Madrasah,KinerjaProfesional Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:57
Last Modified: 31 Aug 2017 03:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2734

Actions (login required)

View Item View Item