PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MI MUHAMMADIYAH PANICAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA

SISWANTI, 1323310064 (2017) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MI MUHAMMADIYAH PANICAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
SISWANTI_PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MI MUHAMMADIYAH PANICA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)

Abstract

Pengemabangan keterampilan TIK merupakan keterampilan teknologi yang sangat penting dan memang harus diterapkan mengingat zaman sekarang yang serba canggih alat teknologinya. Pemanfaatan komputer untuk membuat teks, tabel, grafik dan lain-lain dengan baik dan sesuai prosedur dan lebih bervariasi. Zaman yang sudah semakin canggih menuntut kita untuk lebih bersiap-siap dengan perkembangan zaman yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Lokasi yang penulis pilih sebagai tempat penelitian yaitu di MI Muhammadiyah Panican Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Waktu penelitian 17 april sampai dengan 17 Mei. Subjek penulisan adalah pada guru ekstrakurikuler TIK, siswa kelas tinggi, guru mata pelajaran IPA dan kepala Madrasah. Sedangkan objek dari penelitian yaitu pelaksanaan ekstrakurikuler TIK pada siswa kelas tinggi di MI Muhammadiyah Panican . Metode penelitiaan yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode untuk analisis data adalah metode analisi data kualitatif. Untuk memvalidasi data peneliti menggunakan teknik pemriksaan data triangulasi dengan sumber dan teknik pemriksaan triangulasi dengan metode. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan di MI Muhammadiyah Panican Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga menunjukan bahwa siswa pada proses kegiatan ekstrakurikuler sangat antusias, hal ini ditunjukan bahwa mereka selalu bertanya apabila ada sesuatu yang sulit dipahami sehingga apabila mereka dites atau untuk mempraktikan microsoft mord, microsoft excel, dan microsoft power point selalu bisa. Dalam materi microsoft word siswa mampu membuat cerita minimal tiga paragraf, dalam materi microsoft excel siswa mampu mengaplikasikan rumus-rumus dasar, seperti sum, min, max dan average, sedangkan dalam materi microsoft power point siswa mampu membuat PPT minimal tiga slide yang sudah cukup menarik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler TIK di MI Muhammadiyah Panican berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Ekstrakurikuler TIK
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:08
Last Modified: 29 Aug 2017 04:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2711

Actions (login required)

View Item View Item