KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DENGAN AKHLAK SISWA DI SMK ISLAM RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG Ahmad Miftahudin 1223301187

Ahmad Miftahudin, 1223301187 (2017) KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DENGAN AKHLAK SISWA DI SMK ISLAM RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG Ahmad Miftahudin 1223301187. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AHMAD MIFTAHUDIN_KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Ada dua faktor yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar dan mencapai prestasi belajar, yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern adalah yang berasal dari dalam peserta didik, misalnya: motivasi, minat, bakat, sikap, dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar diri peserta didik, misalnya keadaan ekonomi sosial, lingkungan, sarana prasarana, guru, kurikulum, dansebagainya. Berkaitan dengan uraian di atas, maka setiap peserta didik memiliki sikap/akhlak yang baik diharapkan dapat mendukung dalam mengikuti kegiatan proses belajar dengan baik, sehingga dapat meraih prestasi yang tinggi. Begitupun dengan peserta didik yang memiliki prestasi yang tinggi diharapkan bisa memiliki akhlak yang baik sebagai bentuk pemahaman dan pengamalan dari materi pelajaran PAI yang di dapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran PAI dengan akhlak siswa di SMK Islam Randudongkal Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitiannya sendiri adalah prestasi belajar dan akhlak siswa SMK Islam Randudongkal. Sampel penelitian ini adalah 172 responden dari kelas X kampus 1.Teknik sampling yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran PAI dengan akhak siswa hal dapat dilihat dari hasil hitung korelasi spearman rank yang menunjukan angka 0,118 yang artinya korelasi sangat lemah (dianggap tidak ada), dan besarnya sumbangan atau peranan variabel akhlak siswa dan prestasi belajar mapel PAI adalah sebesar 1,3 % . Makadapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran PAI dan akhlak siswa serta hubungan antara kedua variabel tersebut tidak signifikan. Kata Kunci: Akhlak Siswa, dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akhlak Siswa, dan Prestasi Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Aug 2017 03:41
Last Modified: 29 Aug 2017 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2706

Actions (login required)

View Item View Item