PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Purwokerto)

Agus Waluyo, NIM. 1323301004 (2017) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
AGUS WALUYO_PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI SISTEM KREDIT .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Sistem Kredit Semester (SKS) (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Purwokerto) dilatarbelakangi oleh gagasan bahwa pendidikan harus tanggap, inovatif dan aspiratif sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. Namun tidak mengesampingkan amanat Sisdiknas Bab X Pasal 36 Ayat 1. Latar belakang tersebut mendorong penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai pengembangan kurikulum PAI dan Budi Pekerti melalui Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum PAI dan Budi Pekerti melalui Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus penelitian ini adalah SMA Negeri 3 Purwokerto. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keseluruhan data analisis dengan tahapan: 1. Mereduksi data, 2. Menyajikan data, dan 3. Menyimpulkan hasil penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu: pertama, konsep pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS) yang diterapkan di SMA Negeri 3 Purwokerto tampak pada persyaratan penyelenggaraan yang berpedoman pada kategori sekolah mandiri, penyelenggaraan pembelajaran yang menggunakan sistem moving classroom, serta menerapkan pola pembelajaran on/off sehingga peserta didik dapat memilih beban belajar dan mata pelajaran sesuai kemampuan masing-masing, beban belajar yang harus ditempuh peserta didik yaitu 133 SKS.Kedua, secara parsial implementasi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri 3 Purwokerto diterapkkan pada kompetensi, materi, metode dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Ketiga, pengaruh pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Sistem Kredit Semester tersebut. Yakni berupa dampak positif dan negatif ditinjau dari beberapa aspek, yaitu peserta didik masih sedikit kurang paham tentang Sistem Kredit Semester (SKS) tetapi mereka juga merasa tertantang dan termotivasi untuk belajar lebih giat. Untuk para pendidik, secara administratif memang cukup banyak yang harus dikerjakan, tetapi mereka merasa lebih termotivasi untuk menambah wawasan materi PAI dan Budi Pekerti. Sedangkan untuk kepala sekolah, hal ini menjadi tolak ukur dalam mencapai visi, misi dan tujuan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Sistem Kredit Semester (SKS)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:47
Last Modified: 30 Aug 2017 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item