PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN LINGKUNGAN BUATAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF PADA SISWA KELAS III SEMESTER I DI MI MA’ARIF NU NURUL IKHLAS PAGEDANGAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ENIS CAHYANINGRUM, 1323310052 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN LINGKUNGAN BUATAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF PADA SISWA KELAS III SEMESTER I DI MI MA’ARIF NU NURUL IKHLAS PAGEDANGAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
ENIS CAHYANINGRUM_PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)

Abstract

Permasalahan pokok yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada MI Ma’arif NU Nurul Ikhlas Pagedangan dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang tidak sesuai dengan target KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) yang telah ditetapkan. Dari 32 siswa baru 10 siswa yang tuntas. Sehingga tujuan penelitian ini untuk memperbaiki, meningkatkan dan menyempurnakan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang dipakai adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek Penelitian yang dipakai adalah Guru dan Siswa. Objek Penelitian yang dipakai adalah Penerapan metode kooperatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pokok Bahasan Lingkungan Alam dan Buatan kelas III. Analisis data secara deskriptif dan komparatif membandingkan nilai studi dari pra tes, anatar siklus I sampai dengan siklus II. Dalam perbaikan pembelajaran dilakukan dua siklus dalam setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan. Setelah dilakukan tindakan, hasil belajar meningkat pada siklus I menjadi 66 % siswa yang tuntas atau 21 siswa dan pada siklus II menjadi 84 % siswa yang tuntas atau 27 siswa. Rata-rata nilai kelas juga meningkat dari sebelumnya hanya 56 maka pada Siklus I naik 74 dan di Siklus II menjadi 80. Adapun 5 siswa yang belum tuntas pada siklus II dikarenakan masih kurangnya konsentrasi dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan terutama pelajaran IPS. Berdasarkan analisis data, Penelitian Tindakan Kelas terhadap peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan lingkungan alam dan lingkungan buatan pada sisiwa kelas III di MI Ma’arif NU Nurul Ikhlas Pagedangan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga dengan menggunakan metode kooperatif disimpulkan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Kooperatif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Aug 2017 01:15
Last Modified: 28 Aug 2017 01:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item