SOLIHUL KHASAN, .1223308017 (2017) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ (TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN) DARUSSALAM WONOHARJO KECAMATAN ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
SOLIHUL KHASAN_PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ (TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN) DARUSSALAM.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) |
Abstract
Problematika pembelajaran merupakan suatu masalah yang menghambat terjadinya suatu tujuan yang hendak dicapai. Sebuah lembaga pendidikan baik formal maupun non formal tidak akan lepas dari problematika yang dihadapi. TPQ Darussalam merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berbasis agama Islam, di TPQ tidak hanya memberikan pengetahuan tentang baca tulis al-Qur’an, tapi juga memberikan materi pendidikan keislaman lainnya. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui problematika apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di TPQ Darussalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian kualitatif yang bersifat deskriptif, dan lokasi penelitin ini dilakukan di TPQ Darussalam Wonoharjo. Pengumpulan data yang digunakan antara lain dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan utuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan: Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di TPQ Darussalam Wonoharjo Rowokele Kebumen dilaksanakan empat hari yaitu hari senin, selasa, rabu, dan kamis. Kegiatan pembelajaran dimulai pukul 14:00 WIB sampai 15:30 WIB. Kegiatan pembelajaran dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu : pembukaan, pengisian materi penunjang, pembacaan jilid secara individual, dan penutup. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, metode musyafahah, metode sorogan, metode mengulang dan metode tanya-jawab. Problematika yang dihadapi dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ Darussalam Wonoharjo Rowokele Kebumen bervariasi, mulai dari problematika pada tujuan, problematika perekrutan ustadz yang sederhana, problematika pada ustadz yang tidak profesional, problematika kurangnya motivasi dari keluarga, problematika pada materi, problematika pada metode mengajar, dan problematika pada sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran, Al-Qur’an. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 26 Aug 2017 07:19 |
Last Modified: | 26 Aug 2017 07:19 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2682 |
Actions (login required)
View Item |