PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KABUPATEN BANYUMAS

Putri Sri Sutrisna, 1323305013 (2017) PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
PUTRI SRI SUTRISNA_PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Akhir-akhir ini, perilaku disiplin seseorang semakin hari semakin sulit ditemukan.Di mana-mana terjadi perilaku tidak disiplin, baik dalam disiplin waktu, kerja, dan lain sebagainya.Padahal, disiplin merupakan karakter yang harus dimiliki oleh seseorang manakala menginginkan suatu keberhasilan.Pendidikan karakter yang dilakukan di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor Kabupaten Banyumas bertujuan untuk mencetak generasi bangsa yang baik. Pendidikan karakter adalah hal yang penting diterapkan dilembaga sekolah apalagi ditingkat SD/MI yang notabennya masih anak-anak agar nantinya menciptakan generasi yang baik.Pendidikan karakter disiplin MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor Kabupaten Banyumas diterapkan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran mengenai pendidikan karakter disiplin.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif.Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan dalam teknik analisis datanya, meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter disiplin di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, dalam kegiatan intrakurikuler yaitu dilaksankan melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas secara terintegrasi, adanya upaya pembiasaan dipagi hari, sholat dhuha, dan sholat dzuhur berjamaah serta pembiasaan terhadap tata tertib yang ada di sekolah. Kemudian pendidikan karakter disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler yaitu ekstrakurikuler pramuka dan hadroh dengan menggunakan strategi keteladanan dan kedisiplinan.Metode yang digunakan di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor yaitu; metode pembiasaan, metode keteladanan dan metode teguran, peringatan, dan ancaman.Penilaian dilakukan pada seluruh ranah, yakni kognitif, efektif, dan psikomotorik oleh guru kelas.Pendidikan karakter disiplin di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor Kabupaten Banyumas telah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin, MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor Kabupaten Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Aug 2017 08:05
Last Modified: 24 Aug 2017 08:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2673

Actions (login required)

View Item View Item