MANAJEMEN EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNAGRAHITA KELAS VII SLB ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS

Siti Fatkhur Rokhmah, 1323303049 (2017) MANAJEMEN EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNAGRAHITA KELAS VII SLB ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
SITI FATKHUR ROHMAH_MANAJEMEN EVALUASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)

Abstract

Tunagrahita merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut anak atau orang yang memiliki kemampuan intelektual dibawah rata-rata dan memiliki ketidakcakapan dalam interaksi sosial. Pendidikan sangat penting dilakukan untuk mengembangkan potensi setiap manusia baik untuk anak normal maupun berkebutuhan khusus. Melalui pendidikan umum siswa tunagrahita bisa mengembangkan potensi yang mereka miliki, sedangkan melalui pendidikan agama khususnya pendidikan agama Islam mereka diberi pembiasaan akhlak dan kepribadian terpuji. Setiap proses pembelajaran perlu dilakukan pengukuran hasil belajar untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran. Untuk itu perlu diadakan evaluasi guna mengukur hasil belajar peserta didik. Agar evaluasi bisa berjalan secara efektif dan efisien dibutuhkan sebuah sistem manajemen untuk mengatur jalannya kegiatan evaluasi. Manajemen evaluasi menekankan pada proses perjalanan suatu kegiatan mulai dari awal perencanaan hingga berujung pada tindak lanjut yang diambil sekolah pada proses evaluasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum dan guru kelas VII SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas. Dari hasil penelitian kemudian data dikumpulkan dan dianalisis, kemudian data tersebut direduksi, selanjutnya data tersebut disajikan dan dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses Manajemen Evaluasi Pendidikan Agama Islam yang dilakukan di kelas VII tunagrahita SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas meliputi: (a) perencanaan evaluasi meliputi identifikasi peserta didik, menentukan tujuan, materi evaluasi, waktu pelaksanaan, pembiayaan, penataan ruang ujian, dan tata tertib ujian; (b) pengorganisasian evaluasi meliputi pembagian kerja, pengorganisasian ruang ujian, dan pembuatan soal; (c) pelaksanaan evaluasi meliputi pengondisian siswa, pembagian soal, bimbingan pengerjaan soal, pengawasan ujian, dan pengumpulan lembar jawaban; (d) pengawasan evaluasi; (e) tindak lanjut hasil evaluasi meliputi mengadakan remidial, mengulangi pelajaran, mengadakan kenaikan kelas, ujian susulan, pelaporan dan konsultasi wali murid dengan pihak sekolah. Kata Kunci: Manajemen Evaluasi, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita, SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Evaluasi, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita, SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Aug 2017 08:00
Last Modified: 24 Aug 2017 08:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2672

Actions (login required)

View Item View Item