ANALISIS SOAL TES PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN PURBALINGGA

Nurul Aini, 1223302038 (2017) ANALISIS SOAL TES PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
NURUL AINI_ANALISIS SOAL TES PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang tidak terpisahkan dengan proses belajar mengajar. Guru sebagai pengelola pembelajaran tentu setiap saat melakukan tugas serta kewajibannya salah satunya adalah dengan mengadakan penilaian untuk melihat apakah usaha dalam pengajaran telah mencapai tujuan atau belum. Sehingga evaluasi dalam hal ini menempati posisi yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran bahasa Arab kelas XI Agama di MAN Purbalingga tahun pelajaran 2015/2016, analisisnya ditinjau dari segi: validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda, serta fungsi pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan program Anates versi 4.0.5. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa soal tes pilihan ganda pada Ulangan Akhir Semester (UAS) gasal mata pelajaran bahasa Arab kelas XI Agama di MAN Purbalingga tahun pelajaran 2015/2016 belum baik berdasarkan analisis soal tes pilihan ganda dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda serta fungsi pengecohnya dengan rincian sebagai berikut. Butir soal di MAN Purbalingga memiliki 26 butir soal yang valid, 24 butir soal yang invalid, reliabilitas soal sebesar 0,78 berarti reliabilitasnya tinggi, tingkat kesulitan butir soal mayoritas sedang, daya beda butir soal yang termasuk jelek sebanyak 17 soal, 14 butir soal termasuk kategori cukup, 17 butir soal termasuk baik, 2 butir soal termasuk kategori baik sekali, serta fungsi pengecohnya belum dikatakan baik karena hanya terdapat 6 butir soal ( 12% ) distraktor yang mampu menjalankan fungsinya dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda, fungsi pengecoh
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Aug 2017 03:42
Last Modified: 24 Aug 2017 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2666

Actions (login required)

View Item View Item