PENGEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS

FIKI INAURROHMAH, 1323310053 (2017) PENGEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
FIKI INAURROHMAH_PENGEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengetahui bagaimana pengembangan kecerdasan linguistik pada siswa dalam pembelajaran tematik kelas III di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Data untuk mengetahui pengembangan kecerdasan linguistik pada siswa dalam pembelajaran tematik penulis peroleh dari beberapa sumber yaitu kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, guru kelas III E, dan Siswa kelas III E. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pengembangn kecerdasan linguistik dalam pembelajaran tematik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi adapun analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala yang ada, yakni segala keadaan menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan sehingga penelitian ini disebut dengan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan penggalian data yang penulis lakukan kemudian penulis menganalisis data tersebut sehingga dapat diperoleh informasi dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran tematik yang mana proses pembelajaran terdiri dari tahap perencanaan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan penilaian kegiatan pembelajaran, dengan menggunakan pendekatan saintifik melibatkan 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Melaui kegiatan pembelajaran tematik dapat dilihat pengembangan kecerdasan linguistik siswa yaitu mampu menjawab pertanyaan sederhana, mampu berbicara dengan suara yang cukup terdengar, mampu berbicara lancar dengan kalimat sederhana, mampu mengungkapakan sesuatu dengan kalimat pendek 3-4 kata, mampu bercerita tentang pengalaman sendiri, mampu mengulang lagu anak-anak, menyanyikan lagu sederhana, mampu melaksanakan dua perintah lisan secara berurutan dengan benar, dan sudah menunjukkan minat untuk dibacakan buku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Linguistik, Pembelajaran Tematik, MI Ma’arif NU 1 Pageraji.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:54
Last Modified: 23 Aug 2017 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2659

Actions (login required)

View Item View Item