IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ZAENATUN NAFISAH, 1323305077 (2017) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ZAENATUN NAFISAH_IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan mata pelajaran yang memiliki ciri khas, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan karakter kewarganegaraan serta pendidikan tentang nilai-nilai yang sasarannya bukan semata-mata pengalihan pengetahuan melainkan lebih ditekankan pada pembentukan sikap. Penilaian autentik adalah penilaian yang mencakup semua aspek (pengetahuan, sikap, dan keterampilan). Kelas V MI Negeri Purwokerto sudah menerapkan penilaian autentik pada mata pelajaran PPKn. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji tentang implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran PPKn kelas V di MI Negeri Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses Implementasi Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V di MI Negeri Purwokerto yang meliputi langkah-langkah pelaksanaan, teknik dan instrumen penilaian yang sesuai dalam teorinya Dr. Kunandar, Ridwan Abdullah Sani dan Abdul Majid. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang proses Implementasi Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V di MI Negeri Purwokerto. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung tentang situasi yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti yaitu aspek proses dan hasil penilaian autentik pada mata pelajaran PPKn. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umum MI Negeri Purwokerto dan foto-foto pelaksanaan penilaian autentik serta pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran PPKn. Peneliti menggunakan analisis data dengan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini, Implementasi Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran PPKn dalam proses penilaiannya, dilakukan melalui empat langkah Penentuan Standar, Penentuan Tugas Autentik, Pembuatan Kriteria, Pembuatan rubrik dan penggunaan teknik serta instrumennya sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan efektif terbukti dengan peserta didik lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Penilaian Autentik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:10
Last Modified: 23 Aug 2017 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2651

Actions (login required)

View Item View Item