EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I DI MI MA’ARIF NU 2 PANCASAN AJIBARANG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Markhatun Solihah, 1323305111 (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I DI MI MA’ARIF NU 2 PANCASAN AJIBARANG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
MARKHATUN SOLIHAH_EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I DI MI MA’.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bedasarkan hasil penelitian, permasalahan yang sering dialami siswa ketika pelaksanaan pembelajaran salah satunya adanya peningkatan nilai siswa dalam materi pembelajaran. Permasalahan pada skripsi ini adalah bagaimana efektivitas penerapan media gambar dalam pembelajaran tematik kelas I di MI Ma’arif NU 2 Pancasan Ajibarang Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media gambar dalam pembelajaran media gambar terhadap prestasi belajar siswa Kelas I MI Ma’arif NU 2 Pancasan apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sempel penelitiannya adalah kelas I A dan Ib MI Ma’arif NU 2 Pancasan. Analisis data menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas dan uji independent sample t-test karena hasil posttest tidak berdistribusi normal sehingga untuk menguji perbedaan dua rerata posttest digunakan uji statistik non parametrik uji Mann-Whitney. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control design. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan hasil nilai siswa dilakukan analisis uji t data N Gain. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa nilai siswa yang menggunakan media gambarlebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional serta terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan hasil posttest kelas eksperimen 89,75 dan kelas kontrol 68,75. Sedangkan hasil uji t data N Gain diperoleh nilai signifikansi ,000 < 0,05 yang membuktikan bahwa media gambar lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Pembelajaran tematik, Hasil Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:56
Last Modified: 23 Aug 2017 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item View Item