PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMP N 3 PENGADEGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA

HanikSuciNurAfidah, 1323308011 (2017) PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMP N 3 PENGADEGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (882kB) | Preview
[img] Text
HANIK SUCI NUR AFIDAH_PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembiasaan merupakanupayapraktis yang dilakukanolehpendidikterhadappesertadidikdandilakukansecaraterusmenerussertakonsistendalamwaktu yang cukup lama.Di zaman sekarangbanyak pesertadidik yang kemampuan membaca Al-Qur’an masih rendah, bahkan ada yang belum bisa membaca Al-Qur’an. SMP N 3 Pengadeganadalahsalahsatusekolah yang menerapkan pembiasaanmembacaAl-Qur’an dibandingkan dengansekolahyang berada di lingkungan sekitar. Pembiasaan ini bertujuan untuk memberi kemampuan dasar kepada pesertadidikdalam membacaAl-Qur’an secara baik dan benar. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti dan mengkaji lebih dalam tentangpembiasaan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMPN 3 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu penelitianyang dalampengumpulandatanyadilakukan secara langsung dilokasi penelitian. Proses penelitianlebihbersifatseni (kurangterpola), dandisebutdenganmetode interpretative karena data hasilpenelitianlebihberkenaandenganinterpretasiterhadap data yang di temukan di lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran PAI, Siswa kelas VII dan VIII, sertabeberapaGuru. Sedangkan yang menjadi objek penelitianadalah bagaimana prosespembiasaan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMPN 3 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data kualitatif peneliti menggunkan 3 langkah-langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalammeningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMP N 3 Pengadegan dilakukan dengan 2 cara yaitu: pertama, melalui kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an secara rutin sebelum pembelajaran selama 15 menit kecuali hari senin dan jum’at. Kedua, sekolahmemberikan jam khusushafalanJuzz 30 selama 45 menit / 1 JPL.SetiapkelasmendapatkanjadwalhafalanJuzz 30 1x dalamseminggu, dan di laksanakanantarahariselasasampaijum’at.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, MembacaAl-Qur’an dan SMP N 3Pengadegan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Aug 2017 03:25
Last Modified: 21 Aug 2017 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2637

Actions (login required)

View Item View Item