PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KRAJAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

EWITA CAHAYA RAMADANTI, 1323305063 (2017) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KRAJAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
EWITA CAHAYA RAMADANTI_PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI MUHAMMAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara guru yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran kepada siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru harus dapat memilih metode yang tepat yang disesuaikan dengan materi pelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hal tersebut melatar belakangi skripsi ini. Salah satunya dengan menggunakan metode eksperimen. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agara menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Metode Eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas V MI Muhammadiyah Krajan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung bagaimana penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Krajan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dimana peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian untuk mendapatkan data dan informasi mengenai penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V MI Muhammadiyah Krajan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2016/2017. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu dengan cara merangkum data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Krajan dalam proses pembelajaran IPA sudah baik karena eksperimen memberikan dampak kepada siswa pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi, keaktifan siswa dan menjelajahi dan memahami IPA secara ilmiah. Hal ini dianggap tepat dibelajarkan pada kelas V pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Metode Eksperimen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Aug 2017 00:56
Last Modified: 21 Aug 2017 00:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item